9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Korut Klaim Menang Lawan Corona, Tak Ada Lagi Wajib Masker

Pyongyang, MISTAR.ID

Pemerintah Korea Utara (Korut) mulai mencabut pembatasan terkait Corona atau Covid-19 di negaranya. Pencabutan pembatasan itu dilakukan usai Korut mengeklaim menang melawan Corona.

Dilansir AFP, pengumuman itu disampaikan setelah Pyongyang menyalahkan Korea Selatan (Korsel) sebagai penyebab wabah Covid-19 di negaranya dan mengancam akan ‘memusnahkan’ otoritas Korsel.

“Krisis kesehatan masyarakat yang diciptakan di negara ini telah sepenuhnya dijinakkan dan seluruh wilayah telah berubah menjadi wilayah yang bersih dan bebas dari virus ganas dalam waktu tersingkat,” sebut kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), menyebut alasan pelonggaran pembatasan Corona.

Baca Juga:Korut Perketat Sistem Darurat Anti Covid-19

Aturan wajib masker pun dicabut di semua area. Korut menyatakan negara tersebut sudah bebas dari epidemi.

“Aturan wajib mengenakan masker telah dicabut di semua area, kecuali area-area garis depan dan kota-kota serta distrik perbatasan, mengingat seluruh negara ini telah berubah menjadi zona bebas epidemi,” demikian pernyataan KCNA.

Korut menyatakan ‘kemenangan gemilang’ atas Covid-19 awal pekan ini. Pengumuman ini dilakukan beberapa bulan setelah mengumumkan kasus Corona pertama pada Mei lalu. Social distancing dan langkah anti-Corona lainnya juga dicabut, kecuali di perbatasan negara itu.

Baca Juga:Laporkan Wabah Pertama Covid-19, Korut Lockdown Total

Namun, orang-orang dengan gejala penyakit pernapasan direkomendasikan untuk memakai masker. Warga Korut juga diimbau ‘tetap waspada’ terhadap ‘hal-hal tidak wajar’ — khususnya merujuk pada selebaran propaganda dari wilayah Korsel.

Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, Kim Yo-Jong, menuduh Korea Selatan (Korsel) memicu wabah virus Corona di negaranya. Kim Yo-Jong pun memperingatkan ada ‘pembalasan’ untuk tindakan Korsel itu.

Dilansir AFP, Korea Utara menyebut ‘hal-hal asing’ di dekat perbatasan Korsel telah memicu wabah Corona di negara itu. Tuduhan itu telah dibantah oleh pemerintah Korsel. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles