13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Korut Kembali Luncurkan Rudal Balistik ke Lepas Pantai Timur

Pyongyang, MISTAR.ID

Korea Utara (Korut) meluncurkan rudal balistik jangkauan menengah ke wilayah lepas pantai timur negara tersebut, Selasa (2/4/23) waktu setempat.

Hal ini diketahui setelah militer Korea Selatan (Korsel) mendeteksi aktivitas peluncuran rudal tersebut.

Kepala Staf Gabungan Korsel melaporkan bahwa rudal balistik Korut jangkauan menengah diduga diluncurkan dari wilayah Pyongyang pada pukul 06.53 waktu setempat.

“Rudal Korut tersebut terbang sejauh 600 kilometer sebelum jatuh ke dalam lautan,” kata Kepala Staf Gabungan Korsel, Rabu (3/4/24).

Baca juga: Korut Uji Coba Rudal Hipersonik

Kementerian Pertahanan Jepang juga mengonfirmasi kejadian tersebut yang menyebutkan bahwa rudal Korut telah melintasi 650 kilometer dan mencapai ketinggian maksimum 100 kilometer.

Diketahui, Pyongyang telah melakukan pengujian rudal hipersonik jarak menengah yang menggunakan tenaga mesin berbahan bakar padat.

Uji coba ini sudah dilakukan sejak Maret 2024. Pemimpin Korut, Kim Jong Un sendiri yang mengawasi uji coba lapangan untuk mesin berbahan bakar padat yang digunakan pada rudal hipersonik jarak menengah jenis terbaru. Rudal ini diketahui sebagai bagian dari upaya pengembangan kemampuan pertahanan nasional. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles