27.8 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Iklim Panas, Banjir Besar di Dubai Dianggap Hal Aneh

Dubai, MISTAR.ID

Secara tiba-tiba terjadi banjir bandang melanda Dubai, Uni Emirat Arab, sehingga dianggap hal aneh, tetapi nyata.

Kota megah tujuan wisata itu terdampak hujan deras yang sama dengan volume hujan setahun. Ini menyebabkan jalan-jalan dan perumahan terendam air, sehingga mengganggu aktivitas.

Video tersebar di media sosial (medsos) menampilkan Dubai International Airport, bandara tersibuk kedua di dunia terendam air. Pesawat-pesawat terlihat ibarat  kapal yang membelah air.

Baca juga:Banjir di Oman Tewaskan 16 Orang

Bandara  sempat stop beroperasi. “Operasi terus terganggu secara signifikan. Ada banjir besar di jalan akses sekitar Dubai mengarah ke bandara,” sebut otoritas bandara, pada Rabu (17/4/24).

Curah hujan hampir 100 mm turun cuma dalam 12 jam, seimbang dengan curah hujan yang diukur sepanjang tahun di Dubai. Hujan turun begitu deras menyebabkan sebagian pengendara mobil terpaksa meninggalkan kendaraan, karena air banjir naik dan jalan berubah menjadi sungai.

Video lainnya menampilkan air mengalir di area mal dan menggenangi lantai dasar rumah. Dubai sama halnya dengan wilayah Uni Emirat Arab lainnya, sebenarnya mempunyai iklim yang panas dan kering. Karena itu, curah hujan jarang terjadi dan infrastruktur tak cukup tersedia untuk menangani peristiwa ekstrim.

Baca juga:Rusia dan Kazakhstan Segera Evakuasi 100 Ribu Warga Akibat Banjir

Tetapi curah hujan deras yang langka seperti ini diperkirakan bakal semakin sering terjadi, dampak perubahan iklim yang disebabkan aktivitas manusia. Kini atmosfer terus menghangat, dan menyerap lebih banyak kelembaban, lalu mengeluarkannya dalam wujud air hujan yang lebih ekstrim.

Hujan deras di Dubai dikaitkan dengan metode badai yang melintasi Semenanjung Arab dan bergerak melewati Teluk Oman. Sistem yang sama juga menimbulkan cuaca basah yang luar biasa di daerah sekitar Oman dan Iran tenggara.

Diperkirakan hujan besar akan menyusut. Namun mungkin akan terjadi sedikit hujan lagi sebelum cuaca kering kembali terjadi di Dubai. (dtk/cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles