19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Gempa 6,7 Magnitudo Guncang Filipina: 7 Tewas, 60 Rumah Rusak

Filipina, MISTAR.ID

Tujuh orang dilaporkan tewas akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,7 yang mengguncang Filipina selatan, Jumat (17/11/23) sore. Gempa juga merusak 60 rumah di empat provinsi, serta 32 jalan dan jembatan di wilayah tersebut.

Gempa yang melanda wilayah Mindanao tengah itu menyebabkan sejumlah atap gedung pusat perbelanjaan runtuh. Saat itu warga Filipina berlarian menyelamatkan diri keluar dari gedung.

“Puing-puing dari pusat perbelanjaan di Kota General Santos menimpa seorang wanita hingga tewas,” kata Kapten Polisi Kota Ari Noel Cardos dikutip AFP, Sabtu (18/11/23).

Dua orang terluka di General Santos, sementara 450 orang dilarikan ke rumah sakit karena panik dan kesulitan bernapas.

Baca Juga : Tanimbar Maluku Diguncang gempa M7,2 Siang Ini

Sebelumnya, polisi menemukan sejoli tewas terjepit di bawah dinding yang roboh di General Santos. Seorang lainnya tewas tertimpa struktur baja yang roboh di Munisipalitas Glan, di Provinsi Sarangani.

Sementara tim penyelamat masih mencari dua orang yang diduga terkubur di bawah tanah longsor. “Kepala desa melaporkan kepada kami bahwa seorang ibu dan anaknya terperangkap di bawah reruntuhan,” kata petugas penyelamat Daniel Nocos.

Sebuah ekskavator telah dikirim untuk membantu dalam pencarian tetapi belum mencapai daerah tersebut karena jalan yang buruk dan jembatan yang rusak.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional Manila mencatat satu orang tewas di Glan dan satu lagi di Munisipalitas, wilayah sebelah Malapatan. Namun, belum diketahui identitas para korban tersebut.

Baca Juga : Gempa Mematikan Sejak Tahun 2015 Tewaskan 128 Orang di Nepal

“Di Provinsi Davao Occidental, seorang pria tua tewas tertimpa batu besar yang berguling turun dari bukit dekat rumahnya,” kata perwira polisi Patrick Laurente.

Dua orang terluka di General Santos, sementara 450 orang dilarikan ke rumah sakit karena panik dan kesulitan bernapas. (cnn/hm24)

Related Articles

Latest Articles