13.7 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Gempa M 6,5 Rusak 41 Rumah di Garut, 12 di Ciamis

Garut, MISTAR.ID

Gempa bumi berkekuatan M 6,5 yang mengguncang Kabupaten Garut, Sabtu (27/4/24) malam mengakibatkan 41 rumah warga hingga fasilitas umum mengalami kerusakan.
Selain itu, empat orang warga dilaporkan terluka.

Kepala Pelaksana BPBD Garut Aah Anwar menyatakan, hingga Minggu (2/4/24) pagi, total lebih dari 40 bangunan yang rusak, akibat goncangan gempa yang berpusat dari tengah laut itu.

“Total rumah rusak 41 unit, 1 fasilitas kesehatan, 1 benteng milik perbankan dan 1 unit mobil,” ucap Aah dilansir detikJabar, Minggu (28/4/24) pagi, seperti dilansir Detikcom.

Baca juga: Gempa M 6.5 Guncang Garut, Bangunan Rusak, Getaran Sampai ke Jakarta

Aah mengatakan, rumah-rumah warga yang rusak itu, tersebar di beberapa kecamatan dengan kerusakan paling parah terjadi di kawasan Cilawu, Garut.

Selain itu, 1 unit fasilitas umum yang rusak, adalah atap plafon beberapa bagian bangunan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk.

“Untuk korban jiwa, sampai saat ini dipastikan tidak ada, tapi ada korban luka 4 orang. Sekarang seluruhnya sudah diperbolehkan pulang ke rumah lagi, setelah mendapatkan perawatan,” kata Aah.

Sementara itu, belasan rumah di Kabupaten Ciamis juga dilaporkan mengalami kerusakan hingga membuat empat keluarga terpaksa mengungsi.

Berdasarkan data sementara BPBD Ciamis, ada 12 rumah mengalami kerusakan yang tersebar di 5 kecamatan, yakni Banjarsari, Banjaranyar, Pamarican, Cihaurbeuti dan Ciamis.

“Data sementara ada 12 bangunan rumah yang mengalami kerusakan di Ciamis,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Ciamis Ani Supiani, mengutip detikJabar, Minggu (28/4/24).

Dari 12 rumah yang rusak tersebut, 2 di antaranya berada di Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar. Penghuni salah satu rumah terpaksa mengungsi ke kerabatnya.

“Satu keluarga yang mengungsi di Dusun Kaligamping, Kalijaya. Sedangkan satu rumah lainnya rusak ringan,” ungkap Ani.

Baca juga: Ratusan Demonstran Pro Palestina di Universitas AS Ditangkap Polisi

Selain itu, 4 rumah rusak Desa Ratawangi, Kecamatan Banjarsari dan 2 rumah di Desa Cicapar, Kecamatan Banjarsari.

Di Kecamatan Pamarican, kerusakan rumah terjadi di dua tempat, yakni di Desa Sukamukti dan Desa Sukamaju.

Kerusakan rumah juga terjadi di Perum Jati Indah, wilayah perkotaan Kecamatan Ciamis. Akibatnya pemilik rumah sementara mengungsi.

Sebuah rumah di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, juga mengalami kerusakan yang membuat pemiliknya sementara terpaksa mengungsi.

Hingga saat ini, belum ada dilaporkan korban jiwa akibat gempa tersebut. (Detik/hm22)

Related Articles

Latest Articles