15.6 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Gagalkan Normalisasi Arab Saudi – Israel, AS Menuduh Serangan Hamas

Washington, MISTAR.ID

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken menuduh serangan Hamas ke Israel pada Sabtu (7/10/23) merupakan upaya untuk menghalangi rencana normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel.

“Tidak mengherankan jika motifnya adalah untuk mengganggu upaya mendekatkan Arab Saudi dan Israel, serta negara-negara lain yang mungkin tertarik untuk menormalisasi hubungan,” kata Blinken kepada CNN.

Hamas pada hari Sabtu mengatakan serangan-serangan itu dimotivasi oleh apa yang disebutnya meningkatnya serangan Israel terhadap warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem serta terhadap warga Palestina di penjara-penjara Israel.

Baca juga : Serangan Hamas Tewaskan Setidaknya 250 Orang, Israel Siap Lakukan Balas Dendam Besar

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh menyoroti ancaman terhadap Masjid Al-Aqsa Yerusalem, blokade berkelanjutan Israel terhadap Gaza, dan normalisasi hubungan Israel dengan negara-negara di kawasan.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan bulan lalu bahwa dia yakin negaranya berada di jalur perdamaian dengan Arab Saudi dan memperkirakan langkah tersebut dapat membentuk kembali Timur Tengah.

Related Articles

Latest Articles