9.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Demonstran Pro Palestina Blokir Jembatan Westminster London

London, MISTAR.ID

Demonstran pro-Palestina memblokir jalan di luar parlemen Inggris di London, Sabtu (6/1/24). Pengunjuk rasa menuntut gencatan senjata segera dalam konflik Israel-Hamas, sempat terlibat bentrok dengan polisi yang mencegah mereka berbaris melewati Westminster Bridge.

London, seperti kota-kota besar di Eropa lainnya, telah menjadi tempat demonstrasi rutin dan terkadang besar yang mendesak agar Israel menghentikan pengeboman di Gaza.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan polisi menghalangi akses demonstran ke jembatan dan seorang reporter Reuters mengatakan, sempat terjadi beberapa bentrokan kecil antara polisi dan pengunjuk rasa.

Baca Juga: Pembakaran Kereta Api Jelang Pemilu di Bangladesh Tewaskan 4 Orang

Tak bisa sepenuhnya mengakses jembatan, di mana mereka berencana membentangkan spanduk, para demonstran kemudian menduduki jalan-jalan di sekitarnya.

Polisi mengatakan, mereka telah memberlakukan perintah hukum yang membatasi lokasi protes dan pada pukul 15.00 para pengunjuk rasa harus mulai bubar.

“Mereka yang menolak untuk mematuhi perintah bisa ditangkap,” kata polisi.

Aksi hari Sabtu ini lebih kecil dari mars massa sebelumnya namun datang dua hari sebelum parlemen Inggris kembali bekerja setelah liburan Natal.

Protes ini dirancang untuk mendorong para politisi untuk mengambil sikap yang lebih keras terhadap Israel.

Baca Juga: Pangkalan Militer Israel Diserang Puluhan Roket Milik Hizbullah

Sejauh ini, Inggris diketahui tidak pernah menyerukan gencatan senjata segera. Menteri Luar Negeri David Cameron beralasan bahwa setiap perjanjian semacam itu kemungkinan tidak bisa berahan dan dapat malah memperburuk kekerasan tanpa rencana untuk perdamaian jangka panjang.

Sebagian besar protes sebelumnya di London telah diselaraskan dengan polisi dan tetap relatif damai, tetapi polisi mengatakan para unjuk rasa Sabtu, menolak untuk memberikan rincian. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles