9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Bos Wagner Sebut Birokrasi Bobrok Bikin Invasi Rusia Kacau di Ukraina

Moskow, MISTAR.ID

Bos tentara bayaran Wagner Group, Yevgeny Prigozhin anhgkat bicara. Ia mengatakan “birokrasi mengerikan” dalam pemerintahan Presiden Vladimir Putin menghambat pergerakan militer Rusia di Ukraina.

Hal itu diungkap Prigozhin saat membeberkan kenapa Rusia belum juga bisa menduduki Kota Bakhmut, Ukraina, sepenuhnya kepada publik. Padahal, tentara Rusia bersama pasukan Wagner terus berusaha menguasai wilayah itu menjelang setahun invasi pada 24 Februari mendatang.

“Saya pikir itu (menduduki Bakhmut) akan terjadi Maret atau April mendatang. Untuk merebut Bakhmut, Anda harus memotong rute pasokan. Ini PR yang signifikan,” kata Prigozhin dalam salah satu pesannya yang diunggah di media sosial pada Rabu (15/2/23).

Baca Juga:Rusia Rekrut Napi Bantu Perang di Ukraina

“Bakhmut seharusnya bisa direbut sebelum tahun baru jika bukan karena birokrasi militer kita (Rusia) yang mengerikan,” sebutnya menambahkan.

Prigozhin, sekutu Putin yang terkenal bengis dan ingin berkuasa, menuduh militer Rusia berupaya “mencuri” kemenangan dari Wagner. Ia bahkan tak menyinggung tentara Rusia saat mengumumkan tentara Ukraina berhasil ditendang dari sebagian wilayah Bakhmut.

Bagi Rusia, menguasai Bakhmut sepenuhnya bisa menjadi kemenangan besar. Namun, para analis menganggap kemenangan itu hanya bersifat simbolis karena kota industri dan tambang garam itu memiliki nilai strategis yang kecil.

Dikutip media, Kamis (16/2/23), Prigozhin mengatakan kecepatan pergerakan tentara Rusia di Ukraina bergantung pada apakah Kyiv terus mengirimkan pasukan cadangannya atau tidak ke medan perang.

Sementara itu, pasukan Ukraina bertekad tak akan menyerah menghadapi gempuran Rusia yang diprediksi bakal kembali meningkat jelang peringatan setahun invasi berlangsung. (cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles