12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Adik Kim Jong-Un Ancam Korsel

Pyongyang, MISTAR.ID

Kim Yo Jong, adik dari pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, mengancam akan melancarkan serangan militer langsung ke Korea Selatan (Korsel) jika negara tersebut masih membuat provokasi.

“Saya ingin menegaskan sekali lagi bahwa Tentara Rakyat Korea (Korut) sudah siap. Seperti yang telah saya deklarasikan sebelumnya, Tentara Rakyat Korea akan melancarkan serangan militer langsung jika musuh memprovokasi sedikit saja,” tegas Kim Yo Jong dalam sebuah pernyataan dan diterbitkan oleh kantor berita Korut, KCNA, pada Minggu (7/1/24).

Pernyataan Kim Yo Jong ini muncul setelah militer Korsel melaporkan jika Korut telah menembakkan lebih dari 60 peluru artileri di dekat perbatasan kedua negara tersebut pada Sabtu (6/1/24) lalu. Penembakan ini dikatakan perwakilan militer Korsel merupakan tindak lanjut tembakan artileri sehari sebelumnya, Jumat (5/1/24), yang mencapai 200 tembakan.

Baca juga: Kim Jong Un Instruksikan Militer Korut Siaga Bertempur

Belum cukup sampai di situ, Minggu (7/1/24), setelah pernyataan Kim Yo Jong diumumkan, Korut kembali menembakkan sekitar 90 peluru artileri untuk ketiga kalinya.

Menanggapi tembakan ini, pihak Pyongyang mengatakan bahwa tembakan artileri tersebut bukan merupakan ancaman.

“Kegiatan tersebut dilakukan sesuai di perbatasan kedua negara,” kata perwakilan Korut.

Sedangkan dari pihak Korsel, latihan militer telah dilakukan di wilayah tersebut. Latihan militer yang sudah dilakukan selama 3 hari setelah penembakan pertama mengharuskan masyarakat setempat dievakuasi. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles