22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

17 WNI Ikut Hilang Bersama Kapal Penangkap Ikan China yang Tenggelam

Jakarta, MISTAR.ID

Kapal penangkap ikan berbendera China, Lu Peng Yuan Yu 028, ditemukan dalam keadaan terbalik di Samudera Hindia. Kapal tersebut diawaki oleh 39 orang, yang terdiri dari 17 warga China, 17 WNI, dan 5 warga Filipina.

Proses penemuan kapal menggunakan penjejakan pancaran sinyal emergency positional indicator radio beacon ketika tim AMSA melakukan operasi pencarian di sekitar Samudera Hindia, dengan mengerahkan pesawat dan kapal, termasuk meminta dukungan dari kapal niaga yang sedang berlayar di sekitar lokasi.

Berkaitan dengan peristiwa itu, Kementerian Luar Negeri dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Indonesia akan berkoordinasi dengan otoritas Australia dalam rangka mencari awak kapal China tersebut.

Baca Juga:KM Marina Sempurna Tenggelam Perairan Selat Malaka, 1 Balita Dikabarkan Tewas

“Operasi SAR masih terus dilakukan untuk mencari para awak kapal,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI Judha Nugraha melalui pesan singkat pada Rabu (17/523).

Sejauh ini, KBRI Beijing juga telah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri China.

“Kemlu China menyampaikan keprihatinan atas musibah tersebut dan akan mengerahkan dua kapal pencari serta menjamin pemenuhan hak-hak para awak kapal,” ujar Judha.(antara/hm17).

Related Articles

Latest Articles