16.4 C
New York
Monday, April 15, 2024

Kemenlu Pastikan Ratusan WNI di Israel Aman dari Serangan Iran

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia memastikan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Israel aman saat Iran menyerang Israel menggunakan ratusan drone.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha, menyebut mereka telah memantau situasi. Sejauh ini ada 115 WNI yang terdampak serangan di Israel dan KBRI Amman sudah berkomunikasi dengan mereka.

Dijelaskan, 115 orang WNI di Israel mayoritas menetap di Yerusalem dan Tel Aviv. Selain itu Kemenlu juga mencatat ada 376 orang WNI berada Iran. Mereka mayoritas merupakan mahasiswa.

Baca juga: Konflik Iran-Israel, DPR RI Ingatkan Pemerintah Tak Terlibat

Judha mengatakan Kemlu sudah menyampaikan imbauan supaya WNI di Israel dan Iran meningkatkan kewaspadaan. Kemlu pun mengimbau warga supaya menunda perjalanan yang tidak penting kepada dua negara tersebut.

“Pada 13 April 2024, Kemenlu telah menyampaikan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menunda perjalanan yang tidak esensial ke Israel maupun ke Iran dan jika terjadi situasi kedaruratan agar segera menghubungi hotline perwakilan RI yang terdekat,” ujarnya, Senin (16/4/24).

Sebelumnya, Iran meluncurkan serangan, Sabtu (13/4/24) kepada Israel yang diklaim sebagai balasan atas serangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles