28.5 C
New York
Friday, June 14, 2024

15 Orang Tewas Akibat Tornado di AS

Texas, MISTAR.ID

Sedikitnya 15 orang tewas setelah badai tornado melanda beberapa bagian wilayah Amerika Serikat (AS), yaitu Texas, Oklahoma, Arkansas, dan Kentucky, Minggu (26/5/24) pagi.

Di wilayah Texas, sedikitnya tujuh orang tewas di Cooke County, Texas. Atau sekitar 50 mil utara metro Dallas-Fort Worth.

Di antara yang tewas ada dua anak berusia 2 dan 5 tahun. Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan kepada wartawan bahwa kedua anak tersebut bersaudara.

“Sangat tragis,” kata petugas polisi di Cooke County, Ray Sappington, Senin (27/5/24).

Baca juga: Gubernur Texas Dukung Kebijakan Imigran Gelap Donald Trump

“Tornado merusak rumah dan toko. Juga merobohkan pohon dan jalur listrik padam. Daerah Valley View terkena dampak yang sangat parah,” tambahnya.

Selain menewaskan 7 anak, Sappington mengatakan 60 hingga 80 orang terluka di sebuah tempat pemberhentian truk bernama AP Travel Center di Interstate 35.

“Banyaknya jumlah masyaralat yang luka karena mereka ingin berlindung di sana. Tapi ternyata atapnya roboh,” tambahnya.

Dalam konfrensi resminya, Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan ada 100 orang terluka dan sedikitnya 320 rumah dan bangunan lainnya rusak di empat wilayah Texas. Abbott menambahkan, data warga yang luka atau meninggal bisa saja bertambah.

Baca juga: Hutan di Texas Terbakar Tewaskan Orang dan 185 Km Jaringan Listrik Rusak

Wilayah lain yang terkena tornado adalah Arkansas. Di wilayah ini, 5 orang tewas. Kepala Dinas Komunikasi Arkansas, Melody Kwok pihaknya masih melakukan pencarian korban.

“Kami masih melakukan pencarian dan penyelamatan sekarang. Ini adalah situasi yang sangat aktif,” kata Kwok.

Related Articles

Latest Articles