10.4 C
New York
Monday, May 13, 2024

Hutan di Texas Terbakar Tewaskan Orang dan 185 Km Jaringan Listrik Rusak

Moskow, MISTAR.ID

Kebakaran hutan yang terjadi di negara bagian Texas, Amerika Serikat mengakibatkan satu orang tewas di rumahnya. Korban merupakan seorang wanita berusia 83 tahun Joyce Blankenship, tewas di Smokehouse Creek. Kebakaran ini juga merusak jaringan listrik sepanjang 115 mil (sekitar 185,7 km).

Gubernur Texas Greg Abbot pada hari Rabu telah mengeluarkan pengumuman bencana di 60 wilayah bagian, dan memerintahkan Manajemen Darurat Divisi Texas agar mengerahkan seluruh sumber daya tanggap darurat negara tambahan.

“Kami mengalami satu korban jiwa yang terkonfirmasi di Scotts Acres (sebuah lingkungan di Stinnett),” kata Koordinator Hubungan Publik Daerah Hutchinson Deidra Thomas, Kamis (29/2/24).

Baca juga: Kebakaran Hutan Chile Sudah Tewaskan 131 Orang, Ratusan Masih Hilang

Manajer umum perusahaan Randy Mahannah menyatakan, pihaknya sedang menangani listrik yang berada di tujuh wilayah di Texas Panhandle. Jaringan itu melewati Kota Kanada. Sedangkan kerusakan parah terjadi di sekitar pinggiran kota dan di daerah pedesaan hingga Glazier.

Wilayah yang dikepung kebakaran Smokehouse Creek di timur laut Texas telah meluas sehingga saat ini  sudah mencapai 850.000 hektar dan daerah Oklahoma, di mana wilayah seluas 31.600 hektar telah hangus.

Hingga Kamis sore, Texas A&M Forest Service Incident Viewer mengungkapkan setidaknya ada lima kebakaran hutan yang mengancam keamanan area berbentuk persegi di utara Texas. Darah ini dikenal sebagai “panhandle”, yang berbatasan dengan “panhandle” Oklahoma di selatan.

Kebakaran Smokehouse Creek dilaporkan mendekati skala kebakaran terbesar yang pernah tercatat di Texas, yaitu kebakaran Kompleks Amarillo Timur, yang menghanguskan 907.245 hektar pada 2006. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles