5.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Propam Polda Sumut Tes Urine 12 Personel Polres Samosir

Samosir, MISTAR.ID

Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Sumut melakukan tes urine terhadap 12 personel Polres Samosir dalam kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di Mapolres Samosir, Rabu (20/3/24).

Personel yang dilakukan tes urine terdiri dari 2 orang perwira dan 10 orang bintara yang dipilih secara acak dari barisan apel pagi dan seluruh personel yang dites negatif menggunakan narkoba.

Selain melakukan tes urine, Bid Propam Polda Sumut yang dipimpin Kanit Hartib Subbid Provos, AKP Natal F Saragih juga melakukan pemeriksaan ruang tahanan, ruang SPKT, ruang penjagaan Sat Samapta, gudang senjata dan pemeriksaan kendaraan dinas Polres Samosir.

Baca Juga : Personel Sat Pol-PP dan Damkar Labusel Jalani Tes Urine

Ps Kasi Propam Polres Samosir, Ipda Darmono Samosir mengatakan, kegiatan penegakan ketertiban dan disiplin dilakukan untuk menegakkan kedisiplinan anggota dan mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh seluruh anggota Polres Samosir.

“Jika ditemukan anggota yang melakukan pelanggaran, langsung diberikan penindakan ditempat, guna memberikan efek jera seperti personel Polres Samosir berpakaian dinas Polri, namun ditemukan berambut tidak sesuai aturan dan langsung dilakukan pemotongan rambut di lapangan mako polres samosir,” katanya.

Baca Juga : Polres Samosir Tahan 4 Pelaku Penganiayaan di Desa Hasinggahan

Ia menyebutkan, sasaran dari Gaktibplin tersebut berupa sikap tampang, seragam yang rapi, atribut kepolisian yang wajib digunakan, surat nyata diri yakni kartu anggota, serta kelengkapan SIM dan STNK maupun KTP.

“Dengan diadakannya pemeriksaan Gaktibplin ini, diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran anggota bahwa disiplin dalam diri menunjukkan kesiapan anggota dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat,” sebutnya.

Usai melakukan penegakan ketertiban dan disiplin di Mapolres Samosir, selanjutnya Bid Propam Polda Sumut bersama Kasi Propam Polres Samosir melakukan Gaktibplin di polsek jajaran Polres Samosir. (josner/hm24)

Related Articles

Latest Articles