-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Terungkap, Pelaku Curanmor Tangkapan Polres Samosir Ternyata Pelarian Lapas Pancur Batu

Pangururan, MISTAR.ID

Pada saat menggelar operasi Sikat Toba, personil Polres Samosir berhasil meringkus pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor).

Operasi Sikat Toba yang digelar sejak 2 Maret hingga 22 Maret 2021, petugas Satreskrim Polres Samosir berhasil mengamankan pelaku berinisial RM.

Kronologisnya penangkapan RM berawal dari pengaduan warga bernama Elfrida Sirait ke polisi karena kehilangan sepeda motornya.

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon dalam keterangan persnya di Mako Polres Sabtu (20/3/21) mengatakan, setelah adanya laporan tersebut, Tim Opsnal Polres Samosir melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan, terendus bahwa pelakunya adalah RM yang tak lain teman korban.

Baca Juga: Pelaku Curanmor Ditangkap Polres Belawan

Setelah dilakukan cek posisi oleh Polres Samosir, ternyata tersangka RM berada di salah satu rumah keluarganya yang berada di wilayah hukum Polresta Medan. Kemudian Kanit Ipda Panjri Lubis bersama anggotanya menuju lokasi, tepatnya di wilayah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Dari tempat persembunyiannya itu, kata Kapolres, pelaku berhasil diamankan, kemudian dilakukan pengembangan.

Dari RM, disita satu unit sepeda motor Honda Beat warna Hitam merah, sebuah kunci, satu plat sepeda motor palsu BK 7345 MS, satu kartu ATM BRI atas nama Elfrida Sirait, sepasang sepatu warna hitam, jaket warna biru, handuk, sebuah BPKB atas nama Raden Oto Sirait, satu lembar kwitansi, dan HP merek ViVo dan HP Andromax.

Baca Juga: Pelaku Curanmor Ditangkap dari Persembunyiannya di Tambak Ikan Hamparan Perak

Si korban dan tersangka RM adalah teman baik, pertemanan ini diduga jadi modus bagi pelaku menjalankan aksinya. Dimana saat korban mandi, si pelaku mengambil HP serta dompet berisi ATM serta kunci sepeda motor kemudian melarikan sepeda motor dengan menggunakan plat palsu.

“Pelaku juga mengambil uang sebesar 7 juta rupiah dari ATM milik korban, dengan 4 kali transaksi. Pelaku sudah tau nomor pinnya,” kata Kapolres.

Pada saat RM diamankan Ipda Benyamin Silaban bersama 3 anggotanya, dalam perjalanan yang bersangkutan mencoba melarikan diri. Sehingga dilakukan tembakan peringatan sebanyak 3 kali, namun yang bersangkutan tidak mengindahkannya dan tetap melarikan diri, sehingga diberikan tembakan terukur ke kaki RM hingga tersungkur. Saat itu juga RM dilarikan ke rumah sakit untuk dirawat.

Baca Juga: Viral di Medsos, Pelaku Curanmor Ditembak

“Setelah diamankan, pelaku RM kita profiling dan kita cek, ternyata yang bersangkutan rupanya residivis yang melarikan diri dari Lapas Pancur Batu dalam kasus penggelapan sepeda motor,” kata Kapolres.

Setelah Ipda Benyamin mengkoordinasikannya dengan Kalapas Pancur Batu, diperoleh jawaban, bahwa benar RM adalah tahanan yang sudah divonis dan dititipkan di Lapas Pancur Batu.

Keterangan Lapas Pancur Batu yang disampaikan Kapolres Samosir, saat RM dititipkan di Lapas Pancur Batu, malah melarikan diri dan pelariannya ke Samosir.

“Kami akan mencoba melakukan pengembangan apakah ada LP nya di Polresta Medan, dan sampai saat ini belum kita dapatkan,” bebernya.(sawangin/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles