16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pasien Melahirkan di Ambulans, Bayi Meninggal, RSUD Sidikalang Bilang Begini

Dairi, MISTAR.ID

Pasien ibu hamil JL (32), melahirkan di dalam mobil ambulans milik RSUD Sidikalang di Tiga Panah, Kabupaten Karo. Namun, kondisi bayi dinyatakan sudah meninggal dunia. JL sendiri saat itu hendak dirujuk dari RSUD Sidikalang Dairi ke Medan.

Pihak RSUD Sidikalang melalui Humas Jetra H Bakara pun memberikan pernyataan, Sabtu (4/2/23).

Disebutkan Jetra, pasien ibu hamil JL, warga Desa Bukit Baru, Kecamatan Pegagan Hilir, Dairi tiba di RSUD Sidikalang, Jumat (3/2/23) sekitar pukul 17.30 WIB menggunakan mobil mini bus didampingi bidan desa Suryani Ginting.

Baca Juga:Pasien Ibu Hamil Rujukan RSUD Sidikalang Melahirkan di Ambulans, Bayi Meninggal

Saat itu, kondisi pasien dinyatakan dokter mengalami pendarahan aktif, dan kemudian dilakukan pertolongan pertama menggunakan oksigen, infus dan transfusi darah serta pemeriksaan detak jantung janin. Namun, detak jantung janin sudah tidak ada atau kondisi bayi sudah meninggal dalam rahim.

Oleh dokter yang menangani langsung membuat pertimbangan untuk menyelamatkan ibu, kemudian dirujuk ke RSUP Adam Malik Medan. Jumat malam (3/2/23) sekitar pukul 22.45 WIB, pasien dirujuk ke Medan menggunakan ambulans didampingi perawat.

“Saat tengah dalam perjalanan, tepatnya di Tiga Panah, Karo, pasien melahirkan bayi yang telah meninggal. Oleh sopir ambulans putar balik  arah ke Sidikalang, karena kondisi pasien lemas dan terlihat buruk. Kemudian dibawa ke Puskesmas Merek Tanah Karo,” terang Jetra.

Baca Juga:Bayi Meninggal dalam Kandungan di RSUD Sidikalang, Ini Tanggapan Kadis Kesehatan Sumut

Saat ditanya keberadaan dokter kandungan atau spesialis obstetri dan ginekologi (Obgyn) di RSUD Sidikalang, Jetra menyebut hanya ada 1 orang. Saat kembali ditanya berapa orang pasien ibu hamil di RSUD 5 hari belakangan ini, Jetra menyebut bahwa data itu ada di PPID.

Sebelumya, Kepala Puskesmas Merek, Kabupaten Tanah Karo, dr Barto Karo Karo, Sabtu (4/2/23), membenarkan informasi adanya pasien yang melahirkan dalam mobil ambulans.

“Ada ibu hamil melahirkan di dalam mobil ambulans RSUD Sidikalang di tengah perjalanan, tepatnya di Tiga Panah. Jamnya kurang tahu persis, tapi diperkirakan Jumat (3/2/23) malam dengan kondisi bayinya sudah meninggal. Lalu  putar balik hendak kembali ke RSUD Sidikalang. Diduga fisik si ibu tidak kuat lalu masuk ke Puskesmas Merek hendak menuju Sidikalang,” ujarnya melalu telepon genggamnya.

“Kemudian dilakukan pertolongan. Saat ini Sabtu (4/2/23), si ibu sudah sehat setelah dirawat di Puskesmas Merek, dan sudah diperbolehkan pulang ke Sidikalang Dairi dengan dijemput keluarga. Sudah sehat ibunya. Bayinya yang meninggal. Kini keluarganya menjemput mau pulang ke Dairi,” lanjut Barto Karo Karo. (manru/hm14)

Related Articles

Latest Articles