7.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

Pawai Naga Liong di Maha Vihara Maitreya Deli Serdang Pecahkan Rekor MURI

Medan, MISTAR.ID

Pawai Naga Liong yang panjangnya 208 meter memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), di Maha Vihara Maitreya Kompleks Perumahan Cemara Asri Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sabtu (4/2/23).

“Hari ini sudah terpecahkan MURI tahun 2023 pada kategori Naga Liong yang terpanjang di Indonesia yang mencapai 208 M. Ini melewati capaian dari Naga Liong di Singkawang, Kalimantan Barat pada tahun 2017,” ungkap Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo.

Ia mengucapkan selamat kepada warga Sumut yang bisa membuat Naga Liong terpanjang di Indonesia. Osmar katakan semoga pawai Naga Liong ini dapat menambah keberagaman dan memperkaya budaya yang ada di Sumut.

Baca Juga:Imlek 2023, Kapolres Tebing Tinggi Pantau Vihara dan Kelenteng

“Kami juga berharap budaya Tionghoa ini terus dilakukan pada tahun berikutnya dan lebih meriah lagi,” tambahnya.

Dalam acara tersebut, puluhan remaja yang melakukan pawai Naga Liong ini berasal dari Lembaga Pelestarian Budaya Tionghoa Yayasan Istana Harta Lima Penjuru Deli Serdang.

Ratusan pengunjung melihat pawai Naga Liong tersebut yang diarak-arak dimulai dari Maha Vihara Maitreya menuju pintu masuk Kompleks Cemara lalu kemudian kembali lagi lagi ke vihara. Tak hanya itu, berbagai Barongsai yang berasal dari Perguruan Yos Sudarso juga ikuti menggiring pawai tersebut.

Baca Juga:Mengunjungi Vihara Tertua ‘Siu San Keng’ di Kota Medan

Salah satu pengunjung, Elvy mengaku senang adanya pawai Naga Liong. Karena menurutnya acara ini dilakukan setahun sekali dan bisa membanggakan warga Sumut karena mendapatkan MURI.

“Semoga acara kedepannya bisa lebih baik dan meriah daripada tahun ini. Serta kami berharap ke depan Indonesia tidak ada lagi Covid,” tambahnya.

Selain acara pawai Naga Liong di Maha Vihara Maitreya, pihak panitia juga menyiapkan puluhan bazar kuliner nusantara baik makanan maupun minuman. (bany/hm14)

Related Articles

Latest Articles