13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Gempa 3,3 Magnitudo Guncang Wilayah Tarutung

Taput, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mencatat, gempa bumi tektonik berkekuatan 3,3 Magnitudo guncang wilayah Tarutung, Jumat (4/8/23) pukul 04.27 WIB.

Episenter gempa terletak pada koordinat 2.06 LU dan 98.91 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km Barat Laut, Tapanuli Utara (Taput), Sumut, pada kedalaman 3 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho.

Baca juga: Gempa Bumi 3,7 Magnitudo Guncang Wilayah Sipoholon Taput

Hendro mengatakan, guncangan gempa dirasakan di Tarutung dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Hingga pukul 04.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas Segmen Renun dan sekitarnya sebanyak 84 kejadian,” katanya.

Hendro mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ucapnya. (ial/hm20)

Related Articles

Latest Articles