11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

2 Pembobol ATM Asal Palembang dan Jambi Diringkus Polres Dairi

Sidikalang, MISTAR.ID

Sat Reskrim Polres Dairi berhasil meringkus dua pelaku tindak pidana pencurian uang dari mesin ATM di RSUD Sidikalang Dairi dari Kabupaten Humbang Hasundutan(Humbahas), Minggu (12/2/23). Insial I (31) dan ASK (24) merupakan warga Jambi dan Palembang Sumatera Sealatan berhasil diringkus di Kabupaten Humbahas,” tulis Kasat Reskrim Polres Dairi AKP Rismanto J Purba.

Berawal dari kejadian Rabu (8/2/23) diperoleh informasi telah terjadi pencurian di ATM Bank Sumut di depan RSUD Sidikalang kemudian Sat Reskrim Polres Daiti melakukan olah TKP termasuk pemeriksaan CCTV di sekitar TKP. Tepat pada Jumat (10/2/23) Sat Reskrim Polres Dairi mendapat informasi terkait keberadaan kedua pelaku sedang berada di Humbahas.

Kemudian, Sabtu (11/2/23) tim Sat Reskrim Polres Dairi membuntuti kedua pelaku sedang mengendarai sepeda motor. tepat di Kota Humbahas kedua pelaku berhasil diringkus dan diamankan ke Makopolres Dairi.guna dilakukan proses penyidikan selanjutnya.

Baca juga: Pembobol ATM BRI Unit Kampung Pon Ditangkap

Diketahui, modus pelaku dalam melakukan pencurian di tempat mesin ATM, pelaku memasang ganjal tipis terbuat dari plastik pada lubang untuk memasukkan kartu pada mesin ATM, sehingga kartu tidak bisa keluar.

Sebelumnya pada bagian atas lubang ATM kedua pelaku sudah ditempel stiker bertuliskan Call Center 24 jam dengan mencantumkan nomor HP pada saat nasabah akan bertransaksi kedua pelaku sudah berada di sekitar gerai mesin ATM dalam posisi duduk di atas sepeda
motor masing-masing.

Pada saat korban berada di bilik ATM dan terkendala dalam mengeluarkan kartu ATM setelah selesai bertransaksi, salah seorang dari pelaku datang seolah-olah menanyakan kendala korban sambil memberi saran untuk menghubungi nomor Call center yang tertempel di mesin ATM.

Setelah korban menghubungi operator dan pergi meninggalkan gerai ATM maka kedua pelaku masuk ke gerai ATM langsung membuka penutup mesin ATM untuk mengambil kartu yang berada di dalam mesin ATM.

Setelah kartu diambil kap mesin ATM kembali ditutup dan layar mesin kembali ke posisi stanby, kemudian rekan pelaku yang berperan sebagai operator call center bernama Asrah (berdomisili di Jawa) menginformasikan tentang nomor rekening, pin ATM dan jumlah saldo
(Rp92 juta) yang diperoleh dari hasil komunikasi dengan korban operator.

Baca juga: Ngaku Sebagai Vendor, Pelaku Pembobol Mesin ATM Ditangkap

Setelah kartu ATM berada pada kekuasaan pelaku, kedua pelaku melakukan transaksi transfer uang ke sejumlah rekening dari para korban sebelumnya yang belum melakukan pemblokiran rekening, setelah dilakukan transfer ke rekening lain selanjutnya dari rekening
tersebut dilakukan tarik tunai.

Uang korban yang berhasil diambil oleh pelaku sejumlah Rp72 juta dan terhadap uang tersebut sudah dibagi ketiga pelaku sesuai kesepakatan, menurut pelaku uang tersebut sudah dibayarkan kepada sejumlah pihak (transfer) dalam rangka pelunasan utang pelaku.

Setelah diinterogasi, penjelasan dari kedua pelaku bahwa pada akhir bulan Januari 2023 kedua pelaku berangkat dari Jambi dengan mengendarai sepeda motor tujuan Sumatera Utara melewati Sumatera Barat.

Baca juga: Komplotan Pelaku Ganjal Mesin ATM dengan Tusuk Gigi Digulung

Sebelum melakukan aksi di Sidikalang Dairi pelaku sebelumnya sudah melakukan perbuatan yang sama di Padang Sidimpuan, Gunung Tua, Tarutung, Rantau Prapat, Serdang Bedagai dan Batu Bara namun untuk waktu dan jumlah uang yang diperoleh kedua pelaku sudah lupa.

Selanjutnya Kasat Reskrim Polres Dairi AKP Rismanto mengimbau warga masyarakat khususnya warga Kabupaten Dairi agar selalu berhati-hati dalam bertransaksi di mesin ATM apabila ada hal yang mencurigakan segera menghubungi Polres/ Polsek terdekat.
(manru/hm09)

Related Articles

Latest Articles