11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Proyek JTTS Masih Butuh Dana Rp 30 Triliun Lagi

Jakarta, MISTAR.ID

Proyek jalan tol trans Sumatera (JTTS), terutama untuk tahap I dan tahap II yang diharapkan dapat selesai pada akhir 2024 masih membutuhkan dana sebesar Rp 30 triliun.

Dana ini diharapkan dapat diperoleh melalui penyertaan modal negara (PMN). Hutama Karya sering kali mendapatkan alokasi dana yang besar melalui PMN.

“Untuk tahap satu dan dua yang sudah dihitung, kami masih membutuhkan PMN sekitar Rp 30 triliun lagi. Meski begitu, sisanya tidak harus melalui PMN. Kami sedang memeriksa sisi availability payment (AP),” jelas Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, di Menara Danareksa Jakarta, pada Jumat (14/7/23).

Baca juga: Wow! 2 Ruas Baru Tol Trans Sumatera Rampung Tahun 2023

Sedangkan untuk tahap III dan tahap IV, kebutuhan dana untuk penyelesaiannya masih perlu dihitung. Terlebih lagi, pada masa pemerintahan yang baru. Prioritas pembangunan JTTS akan ditinjau kembali.

“Tahap satu dan dua menuju Jambi akan selesai pada akhir 2024. Sedangkan tahap tiga dan empat akan menjadi tanggung jawab pemerintahan baru. Kami akan melihat prioritas pembangunan seperti Pekanbaru ke Medan, dan beberapa cabang di Padang. Sedangkan dananya belum dihitung,” jelasnya. (mtr/hm20)

 

Related Articles

Latest Articles