16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Pertamina Gerakkan Ekonomi Daerah dengan Hadirkan Mitra Binaan di Toba UMKM Expo 2024

Medan, MISTAR.ID

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), turut serta dalam mendukung perekonomian daerah dengan membawa empat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra binaan terpilih ke Toba UMKM Expo 2024.

Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan Pertamina Grand Prix of Indonesia F1 Powerboat di Kawasan Balai Adat Tugu DI Panjaitan, Balige – Toba, Sumatera Utara, pada 1-3 Maret 2024.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Susanto August Satria, menekankan pentingnya dukungan untuk Toba UMKM Expo 2024 sebagai kesempatan untuk memperkenalkan Sumatera Utara secara internasional dan mendukung perekonomian daerah.

Baca juga: Ekspor Sumut Turun 9,64 Persen di Januari 2024

“Produk-produk unggulan UMKM mitra binaan Pertamina, seperti kain tenun Batak (ulos), kue, keripik, dan kopi, diharapkan dapat meraih perhatian pengunjung serta turut mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” kata Satria dalam keterangan tertulis, Minggu (3/3/24).

Keempat UMKM mitra binaan Pertamina yang berpartisipasi meliputi Tanaya Dominic Patisserie dari Humbang Hasundutan, Tenun Ulos Sakkamadeha dari Samosir, Zack Krezz Chips dari Tebing Tinggi, dan Birna Coffee dari Pematangsiantar.

Yenny Octaviana Aritonang, pemilik Tanaya Dominic Patisserie, menyambut baik kesempatan untuk memperkenalkan cookies andaliman kepada peserta Pertamina Grand Prix of Indonesia F1 Powerboat yang sebagian besar berasal dari luar negeri.

Ahmad Zaki, pemilik Zack Krezz Chips, juga antusias dengan peluang untuk bertemu dengan pelaku UMKM dari berbagai daerah.

Stella Florensia Hutajulu dari Tenun Ulos Sakkamadeha menambahkan bahwa kehadiran mereka dalam Toba UMKM Expo 2024 memberikan kesempatan emas untuk mempromosikan produk kain tenun Batak secara luas.

Baca juga: Menparekraf Targetkan Sertifikasi Pelaku Usaha Pariwisata Tuntas 20 Persen

Sementara itu, Yahya Yoanda dari Birna Coffee, mengungkapkan kegembiraannya menjadi bagian dari acara ini dan berharap adanya dampak positif bagi kemajuan UMKM.

Kehadiran Sekretaris Daerah Kabupaten Toba, Augus Sitorus, dan Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Toba, Salomo Herbert Kasrianto Simanjuntak, menunjukkan dukungan pemerintah daerah terhadap ajang ini sebagai upaya untuk memperluas akses pasar produk UMKM kawasan Toba melalui ajang internasional. (Khairul/hm22)

Related Articles

Latest Articles