7.5 C
New York
Friday, April 19, 2024

Pertalite dan Solar Mulai Langka di Siantar, Warga Mengeluh

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar saat ini sudah mulai terjadi pada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina di Kota Pematang Siantar.

Amatan MISTAR.ID dalam beberapa hari terakhir, warga di kesulitan mendapatkan BBM di SPBU. Warga harus rela antre panjang selama berjam-jam demi mendapatkan BBM baik jenis solar maupun pertalite.

Seorang pengendara, Kurnia, mengatakan BBM jenis pertalite selalu kosong sejak kemarin. Bahkan ia mengaku beberapa kali mencari BBM jenis pertalite di sejumlah SPBU.

Baca juga: Antisipasi Kelangkaan BBM, Polsek Siantar Timur Pantau SPBU

“Kami mau kerja, butuh waktu cepat dengan menggunakan kendaraan. Tapi, beberapa SPBU menyebutkan ” Pertalite kosong”. Masa kosong setiap pagi,” ungkapnya kecewa, Senin (22/8/22).

Ternyata, kekecewaan Kurnia tidak sampai di situ saja. Pasalnya, dia harus terpaksa merogoh koceknya lebih dalam dengan terpaksa membeli BBM jenis pertamax.

“Ya mau tak mau, terpaksa beli pertamax. Mudah-mudahanlah, jangan terusan seperti ini,” katanya.

Tak jauh beda dengan pengendara lainnya, Juliaman. Rencananya, pria ini akan berangkat ke luar kota bersama keluarga untuk menghadiri suatu pesta.

Baca juga: Selundupkan BBM Jenis Solar, Warga Siantar Ditangkap, Kasat Reskrim: Mau Dijual ke Duri

“Sudah 3 SPBU kami datangi, semuanya habis solar. Tapi lucunya, semua itu SPBU serentak habis, padahal di lokasi yang berbeda-beda. Pemerintah seharusnya turun dong, jangan tunggu rakyat demo dulu, baru bergerak,” tegasnya dengan nada kesal.

Juliaman berharap pada Pemko Pematang Siantar agar dapat memanggil Pertamina ataupun pemilik-pemilik SPBU di kota ini agar bisa menjelaskan apa masalah dari fenomena yang terjadi itu.

Sehingga, lanjut dia, dari masalah tersebut mungkin dapat memikirkan solusi apa yang terbaik untuk menuntaskan problematika yang sedang berada di masyarakat ini.

“Jangan-jangan ada permainan dengan pihak SPBU ini, gara-gara pemerintah mau menaikkan BBM. Jangan buat masyarakat jadi berpikiran yang tidak-tidak, bisa kacau nanti,” sebut Juliaman.

Baca juga: Harga BBM akan Naik dalam Waktu Dekat, Ini Penyebab Kenaikan

Sayangnya, beberapa pihak SPBU Pertamina saat diminta konfirmasinya tentang penyebab sulitnya masyarakat di Kota Pematang Siantar untuk mendapatkan BBM jenis pertalite dan solar, menolak berbicara. Baik itu petugas yang ada di pos-pos pengisian BBM hingga pihak lainnya.

Pihak petugas SPBU enggan berkomentar banyak pada konsumen yang mempertanyakan mengapa BBM jenis pertalite dan solar selalu habis. Para petugas SPBU hanya menjawab,”stok habis”. (yetty/hm09)

Related Articles

Latest Articles