18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pajak USU, Pilihan Mahasiswa dan Warga Belanja Kebutuhan dengan Harga Murah

Medan, MISTAR. ID

Pasar yang dikenal sebagai Pajak USU (Pajus) merupakan tempat berbelanja berbagai produk yang bisa dijangkau harganya oleh pembeli dari ragam kalangan, terutama mahasiswa.

Lokasinya terletak di Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, Kota Medan. Pasar yang menghadirkan lokasi belanja yang lengkap mulai dari Alat Tulis Kantor (ATK), beragam aksesoris dan lain-lain.

Sebagian masyarakat Kota Medan, terutama kalangan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), Pajus bukan sesuatu yang asing lagi bagi mereka.

Baca juga: DJP Usut 9 juta hektare Lahan Sawit Tak Bayar Pajak

Pekerja Pajus, Refaldin mengatakan, Pajus ini dikenal dengan Pasar Mahasiswa USU. Namun menurutnya, di Pajus ini bukan hanya mahasiswa saja yang belanja, tetapi dari berbagai kalangan. Belakangan, Pajus sudah menjadi salah satu destinasi wisata pasar.

Lanjut Refaldin, dulu Pajus ini berupa rawa-rawa. Lalu ada ide dari sekumpulan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang bermunculan di pemikiran mereka masing-masing.

“Dengan rasa kekompakan para PKL, lalu mereka mengumpulkan uang sebesar Rp 140 juta untuk dipakai menimbun kawasan Pajus,” ujar Refaldin kepada mistar.id, Jumat (7/7/23).

Dilanjutkannya lagi, setelah menimbun kawasan Pajus tersebut, mulai lah para pedagang kecil-kecilan bermunculan.

Baca juga: USU Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan dari BKKBN

“Dengan alasan utama mereka berjualan karena terkena imbas dengan krisis ekonomi pada tahun 1998. Mungkin saja karena bagus permodalan dan peluang bisnis sejak awal, maka bertambah banyak saja yang berjualan di sini,” ucap Refaldin.

Pajus juga dilengkapi dengan fasilitas seperti mushola, tempat duduk, tempat cuci tangan, wifi dan lain-lain. Pajus dibuka dari pukul 10.00 sampai 20.00 WIB.

Salah seorang pengunjung bernama Repi, warga Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang mengaku, senang berbelanja di Pajus karena serba murah berbagai macam kebutuhan. Khususnya fasilitas sekolah anak, seperti alat tulis dan kebutuhan lainnya yang harganya lebih murah dari tempat lain.

Pengunjung lainnya, mahasiswi USU, Septi mengatakan, salah satu kesenangan berbelanja di Pajus, karena harganya lebih murah.

Baca juga: USU Buka Seleksi Jalur Mandiri untuk 2.137 Kursi, Pendaftaran Mulai 5-12 Juli 2023

“Apalagi kami dari perantauan yang kantongnya tidak terlalu tebal. Jadi tempat ini merupakan salah satu favorit kami untuk belanja sekedar peralatan kampus dan lain-lain,” ucap Septi.

Pantauan mistar.id, Pajus juga menyediakan aneka ragam kebutuhan mahasiswa, seperti binder, buku tulis, map, menjilid serta foto copy. Atau keperluan lainnya, seperti baju, sepatu, aksesoris handphone (HP), kacamata dan lain-lain. (saferius/hm16)

Related Articles

Latest Articles