8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Harga Pangan di Medan Berfluktuatif, Daging Ayam Turun

Medan, MISTAR.ID

Harga daging ayam mengalami penurunan khususnya di Kota Medan. Setelah sempat berada di atas Rp30.000 per kg, belakangan ini harga ayam sudah diharga Rp24.000 hingga Rp25.000 per kg. Seperti di Pasar Simpang Limun Medan dan Pasar Lima Padang Bulan Medan, harga daging ayam dijual dengan kisaran Rp24.000 hingga Rp25.000 per kg.

“Sudah sepekan lebih harga ayam turun, biasanya Rp30.000 atau Rp32.000 per kg. Kalau pun turun gak lama-lamanya ini, nanti harganya naik lagi,” ujar Irman salah satu pedagang daging ayam di Pasar Simpang Limun Medan, Minggu (1/10/23).

Sementara itu, Lusi salah satu warga Medan mengatakan, dirinya baru kemarin membeli daging ayam dengan harga Rp24.000 per kg. Menurutnya, harga ayam memang lagi turun saat ini. “Harga daging ayam turun beberapa hari ini. Tapi kalau cabai masih tetap mahal,” sebutnya.

Memang, saat ini untuk harga komoditas cabai merah masih bertahan diharga Rp40.000 per kg. Namun, harga ini sudah turun dimana sebelumnya harga cabai menyentuh di harga Rp48.000 hingga Rp50.000 per kg. Sedangkan cabai hijau Rp32.000 per kg.

Di sisi lain, untuk harga tomat juga masih bertahan Rp15.000 per kg, sedangkan bawang merah turun diharga Rp10.000 per kg. Bawang putih masih di harga yang sama Rp32.000 per kg.

Baca Juga : Inflasi Sumut Lebih Rendah karena Gejolak Harga Pangan Masih Terkendali

Berdasarkan amatan, Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin menyebut, untuk harga cabai juga terus melemah. Harga cabai merah di Kota Medan mengacu kepada PIHPS ditransaksikan di level Rp40.900 per kg. Angka itu menurun dibandingkan dengan harga cabai pada awal pekan ini yang sempet menyentuh Rp53 ribu per kg di level pedagang pengecer.

Sedikit berbeda dengan cabai merah, cabai rawit justru mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir. Saat ini harga cabai rawit ditransaksikan di kisaran level Rp39.000 per kg di Kota Medan.

“Harga beras juga terpantau turun di akhir pekan sekitar Rp300 per kg dibandingkan di awal pekan. Selebihnya harga beras jenis lain bergerak stabil dengan kecenderungan menurun. Gejolak harga beras sepertinya benar-benar sudah terhenti untuk sementara waktu ini. Dimana harga beras pada bulan depan diproyeksikan akan lebih stabil. Faktor pemicu stabilnya harga beras saat ini adalah pertama bantuan beras pemerintah ditambah dengan intervensi Bulog. Sementara itu, untuk sumber protein seperti daging ayam, telur ayam dan daging sapi juga ditransaksikan melemah tipis,” pungkas Gunawan. (anita/hm24)

Related Articles

Latest Articles