11.2 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Berikut Informasi Kualifikasi Bank di Indonesia dan Contohnya

Bank ini menyediakan sejumlah layanan produk dan jasa dalam lalu lintas pembayaran, termasuk berfungsi menghimpun dana langsung dari masyarakat dalam berbagai bentuk, juga menawarkan berbagai jenis produk perbankan.

Sebagai contohnya, Bank Central Asia (BCA), Bank Bukopin, Bank Muamalat, Bank Danamon dan lain sebagainya.

4.Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 

Ini merupakan lembaga keuangan yang beraktivitas sesuai berdasarkan prinsip konvensional atau syariah. BPR tidak terlibat dalam layanan lalu lintas pembayaran. Aktivitasnya jauh lebih terbatas dibandingkan bank umum.

Baca juga: Kominfo Desak OJK Memblokir Seluruh Rekening Bank yang Terlibat Judi Online

BPR tak diperbolehkan menerima simpanan giro, terlibat dalam perdagangan valuta asing atau beroperasi pada bidang perasuransian.

5.Bank Milik Swasta Nasional 

Jenis bank ini pendiriannya dan modalnya berasal dari perorangan atau badan hukum yang terdaftar di dalam negeri, serta beroperasi dengan arah mencari keuntungan. Contohnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) adalah salah satu bank swasta nasional terkenal di Indonesia.

6.Bank Campuran 

Merupakan bank yang mempunyai dukungan dari sejumlah badan hukum. Sahamnya dikuasai 2 pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri. Ini meliputi Bank Mizuho Indonesia, Bank Chinatrust Indonesia dan Bank Rabobank International Indonesia dan sebagainya.

Baca juga: Meski Diguyur Hujan, Tim Bank Indonesia Taklukkan Romo Center Regatsu di Marcopolo Cup

7.Bank Asing 

Ini jenis bank umum swasta berperan menjadi perwakilan atau cabang dari bank induk yang berpusat di negara asalnya. Bank ini dapat berupa cabang dari bank swasta asing atau pemerintah asing, serta pemiliknya dari pihak luar negeri.

Kini Indonesia memiliki 10 Kantor Cabang Bank Asing (KCBA) yang terdaftar dalam direktorat perbankan, termasuk Bank of China Limited, JP Morgan Chase Bank, serta Deutsche Bank.

Dengan bermacam jenis bank  di Indonesia, masing-masing lembaga keuangan memiliki peran dan fokusnya berbeda. Itu bisa menciptakan keragaman dan kesempatan bagi masyarakat memenuhi sejumlah kebutuhan finansial mereka. (tmp/hm16)

Related Articles

Latest Articles