13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

BI Ingatkan Keberadaan Uang Asli dan Palsu

Medan, MISTAR.ID

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus mengingatkan masyarakat tentang keberadaan uang palsu.

Apalagi menjelang lebaran 1445/2024 sebab tingginya peredaran uang di hari besar keagamaan. Untuk itu, BI memastikan sosialisasi keberlanjutan mengenai bagaimana mengenai uang rupiah asli dan palsu.

Hal ini dikatakan Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Suharman Tabrani. Meski menurutnya, BI tidak memiliki upaya-upaya khusus seperti pada Pemilu kemarin dan saat ini. Namun, BI tergabung dalam wadah BOTASUPAL (Badan koordinasi pemberantasan uang palsu).

Baca juga : BI Naikkan Jumlah Paket Penukaran Uang

“Wadah ini sangat penting dan strategis yang memberikan dan memastikan peredaran uang. Wadah ini beranggotakan yakni BI, lalu kepolisian dalam hal ini Polda Sumatera Utara, kemudian ada BIN, ada Kejaksaan dan Kementerian Keuangan. Jadi kami melakukan koordinasi dengan mereka,” jelasnya, Rabu (27/3/24).

Dalam koordinasi ini, BI hanya sampai menyatakan uang rupiah yang ditemui asli atau tidak. Selebihnya, bila temuan kriminal mana ranahnya sudah kepolisian.

Related Articles

Latest Articles