27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

4 Negara akan Hapus Utang Indonesia Rp5 T

Jakarta, MISTAR.ID
Staf Khusus Menteri Keuangan (Menkeu) Yustinus Prastowo mengatakan empat negara akan menghapus utang Indonesia lewat skema konversi atau debt swap.
Empat negara itu adalah Jerman, Italia, AS dan Australia. Total utang Indonesia yang dihapus empat negara tersebut sebesar US$334,94 juta atau Rp5 triliun.

Ia menambahkan penghapusan itu merupakan hasil restrukturisasi utang.

“Sebanyak empat negara kreditur berkomitmen menghapus utang Indonesia lewat skema konversi atau debt swap,” ujarnya melalui akun Instagram pribadi, @prastow, Senin (17/10/22).

Baca juga:4 Negara Besar Hapus Utang Indonesia Melalui Program Debt Swap

Prastowo mengatakan konversi utang yang disepakati adalah ke dalam bentuk program atau proyek yang harus dilaksanakan oleh pemerintah RI. Proyek-proyek tersebut beragam, seperti kreditur Jerman untuk proyek pendidikan, edukasi, kesehatan, dan global fund.

Kemudian Australia untuk kesehatan, AS untuk tropical forest, dan Italia untuk proyek housing and settlement.

Prastowo menuturkan dari total kumulatif nilai komitmen debt swap yang disepakati dengan kreditur bilateral sebesar Rp5 triliun, sudah terealisasi sebesar US$290,51 juta atau setara Rp4,49 triliun per 30 September 2022.

Baca juga:Utang Lapindo Rp2,2 T Jatuh Tempo, Bakrie Baru Bayar Rp 5 M

Sebagai bentuk komitmen terhadap pelaksanaan kegiatan yang disepakati, sambung Prastowo, pemerintah juga turut berkontribusi untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan nilai setara US$215,35 juta atau Rp3,33 triliun.

“Sejalan dengan semangat PBB: ketimbang digunakan membayar utang, lebih baik uangnya dipakai untuk berinvestasi dalam ketahanan iklim, infrastruktur berkelanjutan, dan transisi hijau perekonomian,” imbuh Prastowo.

 

Related Articles

Latest Articles