25 C
New York
Monday, June 24, 2024

Lake Toba Traditional Music Festival Digelar Selama 3 Hari di Toba

Toba, MISTAR.ID

Upaya membangun ekosistem kebudayaan dan sekaligus upaya melestarikan musik-musik tradisional di kawasan Danau Toba, Lake Toba Traditional Music Festival (LTTMF) 2.0 akan digelar di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 5-7 Agustus 2022.

Acara berlangsung mulai hari ini, Jumat (5/8/22) dimulai sejak pukul 19.00 WIB di Puncak Tarabunga, Desa Tarabunga, Kecamatan Tampahan.

Menurut Ketua Rumah Karya Indonesia Marojahan Andrian Manalu bahwa LTTMF ini merupakan bagian dari festival tradisi Indonesia, salahsatu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Perfilman, Musik dan Media yang bekerja sama dengan Rumah Karya Indonesia.

Baca Juga:Toba Lake Fiesta 2019, Tim Solu Bolon Putri Tantang Tim Putra

Festival ini merupakan tahun kedua dengan tema Suara Danau, Memaknai, Merawat, dan Menghidupkan Musik Tradisional.

Lokasi festival ada di tiga desa yaitu Meat, Tarabunga dan Lintong Nihuta .

Selain seremoni, juga akan dirangkai dengan sejumlah kegiatan di antaranya transfer bunyi dengan 150 anak khususnya dari desa setempat. Kemudian persembahan opera bertema perempuan penjaga masa depan berjudul “Huta Hatubuanku” oleh 15 pemusik tradisional se-kawasasan Danau Toba dan 60 panortor pra lansia dan lansia dari tiga desa setempat. Selanjutnya akan ada penampilan Marsada Band.

Selain itu, akan ada puluhan penampilan sanggar, band dan kelompok lainnya. Diskusi “Karakteristik dan Potensi Musik Tradisi dalam Festival” juga akan digelar dengan narasumber Dra Irawati Kusumorasi (Solo Internasional Performing Arts) .

Pada puncak festival, hari ketiga pada 7 Agustus 2022 akan ada penampilan artis Tongam Sirait. (james/hm12)

Related Articles

Latest Articles