13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pemimpin ASEAN Sepakati Konektivitas Pembayaran

 

Labuan Bajo, NTT, MISTAR.ID

Tahun 2023 ini Indonesia mengemban amanat sebagai tuan rumah perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Indonesia menetapkan Kawasan Wisata Prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai lokasi utama penyelenggaraan puncak KTT Ke-42 ASEAN selama 3 hari, mulai dari tanggal 9 Mei hingga 11 Mei 2023.

Sebagai Keketuanya, Indonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” yang bermakna ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia, dengan tujuan memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN agar mampu menjawab tantangan dalam 20 tahun ke depan.

Pada sektor ekonomi, perhelatan akbar ini salah satunya membahas mengenai ASEAN sebagai pusat pertumbuhan. Dengan jumlah penduduk besar dan pertumbuhan ekonomi yang hampir selalu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia, ASEAN diharapkan terus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang inklusif, resilien, dan berkelanjutan

Selain itu, perhelatan ini akan mendorong roda perekonomian di berbagai kota di seluruh Indonesia dan menjadi momentum untuk memperlihatkan kemajuan pembangunan sehingga bisa menjadi daya tarik investasi asing ke Indonesia.

Baja juga : Presiden Jokowi Harapkan ASEAN Berperan Penting untuk Perdamaian

Deklarasi Pemimpin

Pada hari pertama Puncak KTT Ke-42 ASEAN pada 10 Mei 2023 yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pertemuan para pemimpin negara anggota ASEAN itu menghasilkan berbagai Deklarasi Pemimpin ASEAN, yang ditetapkan pada hari yang sama.

Salah satu hasil Deklarasi Pemimpin ASEAN di bidang ekonomi,  membicarakan tentang meningkatkan konektivitas pembayaran daerah dan mempromosikan transaksi mata uang lokal.

Deklarasi pemimpin berbagai kesepakatan di antaranya, mengingat tujuan integrasi ekonomi regional yang tertuang dalam ASEAN Cetak Biru Masyarakat Ekonomi 2025, bervisi menciptakan integrasi mendalam dan ekonomi ASEAN yang sangat kohesif, yang akan mendukung ketahanan dan pertumbuhan ekonomi tinggi berkelanjutan, antara lain, dengan memastikan bahwa sektor keuangan bersifat inklusif dan stabil.

Lalu, mengakui peran lebih cepat, lebih murah, lebih aman, lebih transparan, dan lebih banyak lagi sistem dan layanan pembayaran lintas batas yang inklusif dalam memberikan manfaat yang lebih luas kepada mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan ekonomi digital.

Kemudian, mengakui potensi manfaat penggunaan mata uang lokal dalam memperkuat ketahanan keuangan, memperdalam integrasi keuangan regional dengan meningkatkan perdagangan intra-ASEAN dan investasi, serta memperkuat rantai nilai regional.

Lalu, mencatat bahwa berbagai prakarsa ASEAN telah menyerukan peningkatan konektivitas pembayaran regional dan mempromosikan penggunaan mata uang lokal untuk penyelesaian lintas batas di wilayah. Termasuk juga Rencana Aksi Strategis (SAP) untuk Integrasi Keuangan (2016–2025), Inisiatif Konektivitas Pembayaran ASEAN, dan Pedoman Lokal ASEAN Kerangka Kerja Sama Penyelesaian Mata Uang (LCSF).

Persiapan KTT ASEAN di Labuan Bajo Capai 90 Persen

Selanjutnya, mewujudkan ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF) dan implementasinya, dengan memaksimalkan potensi pasar intra-ASEAN dan integrasi ekonomi yang lebih luas. Juga menyerukan untuk mempromosikan penggunaan mata uang lokal, dan strategi luas, percepatan transformasi inklusi digital, menyerukan untuk mempromosikan inklusi keuangan termasuk melalui layanan konektivitas keuangan digital  dan pembayaran regional.

Juga menegaskan pentingnya menyediakan lingkungan yang memungkinkan untuk memperkuat keterkaitan regional dan sistem pembayaran untuk mendukung lebih cepat, lebih murah, lebih aman, lebih banyak pembayaran lintas batas yang transparan dan lebih inklusif untuk mempromosikan pengembangan pasar mata uang lokal di kawasan serta mengurangi risiko valuta asing dan keriangan.

Selanjutnya menyambut kemajuan kerja sama konektivitas pembayaran regional dan promosi penggunaan mata uang lokal di daerah, termasuk antara lain nota kesepahaman kerja sama dalam konektivitas pembayaran regional antara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, implementasi LCSF bilateral antara beberapa negara anggota ASEAN dan kepentingan kepentingan negara anggota ASEAN lainnya untuk bergabung dalam prakarsa tersebut.

Juga menyorot Tema Keketuaan Indonesia 2023 “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, yang menggarisbawahi komitmen ASEAN untuk memastikan bahwa tetap tangguh, efektif, dan responsif terhadap tantangan masa depan regional dan global, sekaligus memposisikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global.

Baca juga : Negara ASEAN akan Transaksi Pakai Mata Uang Lokal

Konektivitas pembayaran regional

Dalam Deklarasi Pemimpin ASEAN, para pemimpin berkomitmen untuk memajukan konektivitas pembayaran regional, dengan memanfaatkan meluapnya peluang yang dibawa oleh inovasi untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas yang lancar dan aman, dengan mempertimbangkan keadaan negara.

Lalu, mendorong penggunaan mata uang lokal untuk transaksi lintas batas di wilayah dan mendukung pembentukan satuan tugas untuk mengeksplorasi pembangunan kerangka transaksi mata uang lokal ASEAN.

Kemudian, mendukung kerja sama lebih lanjut dalam memajukan konektivitas pembayaran regional dan memfasilitasi interoperabilitas sistem pembayaran lintas batas, meningkatkan infrastruktur, percepatan adopsi pembayaran digital, pendalaman keuangan inklusi, pengembangan sumber daya manusia, penguatan keamanan siber, dan lain-lain.

Selanjutnya, mendukung kerja sama lebih lanjut dalam mempromosikan transaksi mata uang lokal dan peran otoritas sektor keuangan untuk mengurangi kerentanan kawasan terhadap eksternal; mempromosikan penciptaan penemuan harga yang efisien. Juga mempertimbangkan ketentuan tersebut sebagai fleksibilitas administrasi valuta asing, meningkatkan pasar keuangan infrastruktur, dan menurunkan biaya transaksi lintas batas.

Kemudian, mendatangkan inisiatif untuk menjajaki keterkaitan transaksi mata uang lokal ASEAN dalam kerangka kerja dengan inisiatif pembayaran lintas batas, termasuk konektivitas pembayaran regional.

Lebih lanjut  terlibat dan berkolaborasi dengan mitra eksternal ASEAN, organisasi internasional, dan sektor swasta untuk membangun kerja sama dan kemitraan dalam memajukan konektivitas pembayaran regional dan mempromosikan transaksi mata uang lokal.

Baca juga : Keketuaan ASEAN Indonesia Berada pada Titik Sejarah Penting

Sedangkan tugas menteri keuangan ASEAN dan gubernur bank sentral adalah mengawasi implementasi dan memajukan aktivitas koneksi pembayaran regional dan mengeksplorasi pengembangan kerangka transaksi mata uang lokal ASEAN, dengan bantuan serta koordinasi yang erat antarbadan sektoral masing-masing negara. (Antara/hm19)

Related Articles

Latest Articles