12.8 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

Selama 31 Tahun, Sanggar Siswo Langgeng Budoyo Bimbing Anak Muda Mencintai Budaya Jawa

Deli Serdang, MISTAR.ID

Salah satu sanggar seni tertua di Deli Serdang, yaitu Sanggar Siswo Langgeng Budoyo yang ada di Dusun Bina Karya Desa Pasar V Kebun Kelapa, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, memperingati hari jadi ke-31 tahun pada Minggu (25/2/24).

Pimpinan Sanggar Siswo Langgeng Budoyo, Agus Widodo mengatakan  dahulu sanggar budaya ini dibentuk pertama kali oleh kakeknya dan diteruskan keturunannya hingga akhirnya jatuh kepadanya.

“Dalam kiprahnya Sanggar Siswo Langgeng Budoyo akan terus membimbing generasi muda mencintai budaya Jawa agar bisa terus dilestarikan. Semoga kedepannya amanah melestarikan budaya yang diwarisi kakek saya,” ujarnya, Senin (26/2/24).

Baca juga: Mengenal Jaran Kepang, Warisan Budaya Jawa yang Harus Dilestarikan  

Sementara Ketua Krido Manunggal Budoyo Sumut yang merupakan wadah tempat berkumpulnya sanggar seni dan sanggar budaya di Sumatera Utara, AD Handoko Krido, Siswo Langgeng Budoyo berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Murid Abadi melestarikan Budi atau Budaya.

“Krido Manunggal Budoyo tidak membedakan suku, agama dan ras. Tujuannya ingin memajukan sekaligus melestarikan budaya di Sumatera Utara,” katanya di hadapan Kabid Kebudayaan Dinas Budparpora Deli Serdang Yusniari Harahap dan Penggiat Budaya Deli Serdang Windra Hardi Purba. (sembiring/hm17)

Related Articles

Latest Articles