16.4 C
New York
Friday, May 10, 2024

Puluhan Anak Medan Diajak Gali Potensi Diri Lewat CMTC

Medan, MISTAR.ID

Puluhan kaum muda berkumpul dalam satu momen untuk mendapatkan kesempatan mengikuti sejumlah kelas pelatihan pada agenda Creative Medan Training Community (CMTC), Sabtu (24/2/24).

Pembina CMTC Prof Ridha Dharmajaya mengatakan, sudah saatnya bagi kaum muda terkhusus di Kota Medan untuk menggali potensi diri agar bisa berkualitas.

“Problemnya adalah bagaimana membuat kaum muda ini berkualitas. Ini momen yang kita manfaatkan dalam hal populasinya. Mari gali potensi diri kita agar kaum mudanya bisa produktif. Satu hal pasti saat ini Indonesia panen orang muda yang namanya bonus demografi, dimana jumlah orang mudanya lebih banyak dari orang tuanya,” ujar Prof Ridha.

Guru besar fakultas kedokteran USU yang juga sebagai pelaku entrepreneur itu mencoba membandingkan Indonesia dengan Portugal yang bisa maju kendati hanya mengandalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang terbatas.

“Saat saya berada di Portugal, coba membandingkan sumber daya alamnya itu gak ada apa-apanya dibanding Indonesia. Hasil buminya juga jauh lebih sedikit dari kita. Mereka hanya mengandalkan pariwisata dan terkini pengembangan getah karet untuk alas lantai, tapi mereka bisa maju. Padahal generasi mudanya juga gak banyak,” ungkap Prof Ridha.

Baca Juga : PKPA dan Pebisnis Bahas Soal Keahlian Masa Depan dan Pentingnya Perlindungan Anak Online

Untuk itu, lewat CMTC Prof Ridha mengingatkan kepada puluhan peserta yang hadir untuk memanfaatkan kesempatan yang ada. Dirinya kembali mengingatkan kesempatan besar di depan mata, karena saat ini hanya dua negara yang mengalami bonus demografi yakni India dan Indonesia.

“Jika adik-adik menjadi ahli tak menutup kemungkinan kita kerja ke luar negeri. Dunia membutuhkan Indonesia. Dunia membutuhkan adik semua. Bagaimana kita bisa mengambil kesempatan itu. Manfaatkan, serius menggarap kesempatan itu dan Insya Allah bisa berhasil,” ungkapnya.

Related Articles

Latest Articles