19.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Pesisir Wilayah Utara Jakarta Berpotensi Banjir, BPBD Peringatan ke Warga

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta memperingatkan warga yang tinggal di wilayah pesisir agar mewaspadai banjir pesisir yang berpotensi terjadi pada 4 hingga 10 Juni 2024.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan banjir berpotensi karena air pasang tertinggi diperkirakan akan mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Ia merujuk pada Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok yang memprediksi terjadinya banjir pesisir dan mengeluarkan peringatan dini menginformasikan fenomena pasang maksimum seiring dengan fase bulan purnama.

Oleh karena itu, Adji menggarisbawahi perlunya warga yang tinggal di wilayah utara Jakarta, seperti Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru, dan Muara Angke, untuk mengantisipasi dampak air laut yang tinggi.

Baca juga: 92.000 NIK Warga Jakarta Segera Dinonaktifkan

Ia mengatakan, masyarakat dapat memantau informasi terkini mengenai gelombang laut di website https://bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut.

“Jika menemui keadaan darurat segera menghubungi call center Jakarta Siaga 112,” terangnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga memperkirakan wilayah pesisir Jakarta berpotensi dilanda banjir pantai pada 21-29 Mei 2024 akibat fase bulan purnama.

Fase bulan purnama disebut mampu meningkatkan tinggi pasang air laut.

Baca juga:Tekan Macet di Jakarta, DPRD DKI Usul Pembatasan Usia Kendaraan

Berdasarkan analisis BMKG, kondisi tersebut berbeda-beda di setiap wilayah, namun secara umum dikatakan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pantai.

BPBD DKI Jakarta juga menyatakan telah menyiapkan perahu dan ring pelampung di wilayah Jakarta yang rawan banjir pesisir.

“Kami memastikan sarana dan prasarana pendukung penanganan desa rawan banjir seperti perahu, pelampung, dan jaket pelampung siap berfungsi,” kata Kepala Unit Pengolahan Data dan Informasi BNPB, Michael Sitanggang. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles