8.2 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

Pebulutangkis Jepang Mantan Juara Dunia Umumkan Pensiun

Tokyo, MISTAR.ID

Pebulutangkis Jepang, Kento Momota mengumumkan akan pensiun tahun ini usai mengikuti Thomas Cup 2024 yang akan bergulir pada 28 April-5 Mei mendatang. “Saya telah memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Jepang setelah Piala Thomas pada akhir bulan ini,” ucap Momota kepada Nikkan Sports dilansir, Kamis (18/4/24).

Atlet 29 tahun mengungkap bahwa keputusannya turut dipengaruhi insiden kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya pada 2020 silam. Ia mencoba mengatasi memori yang menghantuinya, hingga akhirnya tiba pada keputusan ini.

“Setelah kecelakaan saya bertanya ke diri sendiri Kenapa saya? Sejujurnya itu adalah masa-masa sulit. Tapi saya tak mau menyalahkannya pada kecelakaan itu. Saya ingin mencoba mengatasinya. Saya mendapatkan dukungan besar. Itulah sebab saya bisa bertahan sejauh ini,” ucapnya.

Baca Juga : 14 Wakil Indonesia Diturunkan di Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024

Mantan peringkat satu dunia itu memang sempat bangkit usai kecelakaan, dengan masuk nominasi penghargaan olahraga. Tapi, pasca kecelakaan itu Momota merasa seperti mengalami kebuntuan dan tak bisa memenuhi potensinya.

“Saya sudah mencoba berbagai hal, tapi tak bisa mengejar jurang emosi, fisik antara saya dulu dan sekarang. Saya menjalani operasi mata dan pandangan sempat berbayang. Saya tak bisa bergerak sesuai keinginan di lapangan, saya mudah lelah tak seperti biasanya. Saya sempat mencoba, tapi rasanya tak mungkin lagi bersaing dengan para pemain terbaik dunia,” ungkapnya.

Meski pensiun dari ajang internasional, Momota menyatakan akan tetap terlibat di turnamen domestik. Ia juga ingin terlibat dalam pengembangan bulutangkis. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles