-1.1 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Kualifikasi Piala Dunia 2022, Portugal Bungkam Turki 3-1

Porto, MISTAR.ID

Portugal meraih kemenangan meyakinkan saat membungkam Turki 3-1 dalam pertandingan play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Estadio do Dragao, Porto pada Jumat dini hari WIB, demikian laporan laman resmi FIFA. Tiga gol Portugal masing-masing dicetak oleh Otavio Monteiro, Diogo Jota dan Matheus Nunes. Turki hanya bisa membalas satu gol melalui Burak Yilmaz di babak kedua.

Kemenangan ini mengantar Portugal ke partai final play-off dan bakal berhadapan dengan Makedonia Utara untuk memperebutkan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022. Portugal langsung menerapkan tekanan tinggi di 10 menit pertama laga dan Turki hanya bisa bertahan. Pada menit ke-11, tim tuan rumah menciptakan peluang. Tendangan bebas Bruno disambut Jota di kotak penalti, sayangnya bola masih melenceng dari gawang Ugurcan Cakir.

Portugal berhasil mencetak gol empat menit kemudian. Umpan tarik Jota berubah arah karena membentur tiang dan bola liar langsung disambar Otavio untuk membuat timnya unggul 1-0 atas Turki. Gol ini memicu semangat bagi Ronaldo Cs untuk menambah keunggulan. Turki baru mendapatkan tembakan pertama pada menit ke-21 lewat upaya Cengiz Under dan dilanjutkan dengan peluang dari Orkun Kokcu pada menit ke-27, tetapi Diogo Costa masih sigap di bawah gawang.

Baca juga: Italia dan Portugal Satu Jalur di Piala Dunia 2022

Portugal akhirnya mampu menambah keunggulan pada menit ke-42. Umpan silang Otavio disambut Jota dengan sundulan sempurna di tiang jauh untuk mengubah skor menjadi 2-0.
Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Selepas turun minum, jalannya pertandingan tidak berubah. Portugal masih lebih mendominasi bola dan Turki hanya bisa mengandalkan serangan balik. Turki berhasil memperkecil kedudukan pada menit ke-65. Yilmaz dan Under membuat kombinasi apik untuk melewati Pereira. Yilmaz kemudian menuntaskan permainan itu dengan sepakan yang gagal dientikan Costa. Kedudukan menjadi 1-2.

Gol tersebut membuat Portugal panik dan Turki balas menekan. Pada menit ke-83, Turki mendapatkan hadiah penalti setelah Enes Unai dijatuhkan oleh Jose Fonte di kotak terlarang. Yilmaz maju sebagai eksekutor, tetapi sepakannya membentur tiang dan tim tamu gagal menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-90+4, Portugal mencetak gol pemungkas. Lewat serangan balik cepat, Leao mengirimkan umpan akurat ke Matheus Nunes yang berhasil mengecoh Calik dan menjebol gawang kosong. Portugal 3-1 Turki. Gol itu juga menjadi penutup pertandingan dan Portugal berhasil melaju ke babak final play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa​.​​​​​​(ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles