27.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Hanya Butuh 3 Point, Max Verstappen Dipastikan Juara Dunia F1 2023

Medan, MISTAR.ID

Podium juara dunia Formula 1 pada 2023 hampir dipastikan milik Max Verstappen. Ia bahkan bisa meraihnya pada sprint race GP Qatar pada 7 Oktober mendatang.

Kemenangan di GP Jepang, Minggu (24/9/23), ditambah kekalahan Sergio Perez di Suzuka, semakin memperlebar selisih poin kedua pebalap Red Bull Racing itu di klasemen. Saat ini Verstappen memimpin dengan 400 poin setelah 16 balapan.

Dia menang 13 kali dan hanya sekali kehilangan podium. Sedangkan Perez berada di peringkat kedua dengan 223 poin, dua kemenangan, dan delapan kali naik podium. Dengan enam balapan tersisa musim ini, Perez hampir mustahil menyalip Verstappen.

Baca juga: Juarai GP Italia, Verstappen Catat Rekor 10 Kemenangan Beruntun F1

Jika Perez memenangkan enam balapan terakhir (25 x 6 poin), kemudian menetapkan putaran tercepat di setiap balapan (1 x 6 poin) dan memimpin tiga balapan sprint yang tersisa (8 x 3 poin), maka ia tidak dapat menambah 180 poin dari balapan tersebut. koleksi saat ini.

Artinya, skor maksimal Perez di F1 2023 adalah 403 poin. Dengan poin yang dimilikinya, Verstappen hanya membutuhkan 3 poin lagi dari sisa musim ini untuk meraih gelar juara dunia ke-3 dalam karirnya. Nomor tersebut bisa ia dapatkan di sprint race Qatar dengan setidaknya menempati posisi ke-6 (3 poin), terlepas dari performa Perez. Namun, jika Verstappen gagal mencetak poin di sprint race, ia bisa merebut gelar juara dengan finis kedelapan di balapan utama.

Baca juga: F1: George Russell Yakin Mercedes Segera Bangkit

Red Bull mengamankan gelar konstruktor 2023 berkat kemenangan Verstappen di Suzuka. Ini merupakan keenam kalinya dalam sejarah tim Austria, kedua kalinya berturut-turut. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles