10.7 C
New York
Friday, May 10, 2024

Berbekal Pengalaman, Cabor Bela Diri Jadi Unggulan Sumut di PON 2024 Nanti

Medan, MISTAR.ID

Cabang Olahraga (Cabor) bela diri tetap menjadi unggulan dari Sumatera Utara (Sumut) dalam mendulang medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut mendatang.

Wakil Ketua KONI Sumut, Agung Sunarno mengatakan, dalam beberapa PON terakhir, cabor bela diri memang menjadi penyumbang emas bagi kontigen Sumut.

Adapun sejumlah cabor bela diri dan perorangan yang menjadi unggulan, yakni: Wushu, Tinju, Karate, Sambo, Tarung drajat, Gulat, dan Pencak Silat. Pada PON di Papua lalu, dari 10 medali emas Sumut, sebagian besar diraih dari cabor bela diri.

Baca juga: Kun Bokator, Seni Beladiri yang Sudah Berusia Ribuan Tahun

Pada PON Jawab Barat 2016, kata Agung, atlet dari cabor beladiri Sumut mampu meraih 16 medali emas, umumnya bdisumbang bela diri Wushu, Karate dan Gulat.

Berdasarkan pengalaman dalam beberapa kali mengikuti PON itu, kata Agung lagi, membuat pihaknya berani menyebutkan bahwa cabor unggulan dari Sumut adalah cabor bela diri dan perorangan.

“Apalagi dari 34 cabor yang di pertandingkan di Sumut nanti, 15 diantaranya adalah cabor bela diri,”kata Agung saat menjadi narasumber pada Pelatihan Liputan Menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut, yang digelar SIWO PWI Sumut di Aula Gedung KONI Sumut, Medan, Selasa (25/7/23).

Baca juga: Audiensi PSSC, Kapolres Dukung Atlet Beladiri Simalungun

Agung juga mengatakan, PON 2024 mendatang tetap dilaksanakan sesuai jadwal dan itu sesuai dengan permintaan dari Presiden RI, Jokowi. Namu Agung sempat merasa ragu, PON 2024 akan sulit terlaksana karena saat bersamaan ada agenda politik.

“Sehingga tentang tahun 2024, walaupun kita tahu sendiri tahun 2024 itu adalah tahun politik. Olahraga akan tetap berjalan di masa Presiden Jokowi,”ujarnya dengan menekankan saat tidak ada keraguan dan berdasarkan jadwal yang ada, pembukaan akan di lakukan di Aceh dan penutupan di Sumut. (Andreas/hm17)

Related Articles

Latest Articles