15.9 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Roma Tundukkan AC Milan dengan 10 Pemain

Roma, MISTAR.ID

AS Roma mengalahkan AC Milan 2-1 pada leg kedua perempat final Liga Europa di Stadio Olimpico, Jumat (19/4/24) dini hari WIB. Roma lolos ke semifinal dengan kemenangan agregat 3-1.

Bek Gianluca Mancini, yang membawa Roma menang tipis 1-0 di San Siro pekan lalu, kembali membuat Roma unggul cepat di leg kedua ini, dengan mencetak gol rebound dari jarak dekat pada menit ke-12.

Paulo Dybala menggandakan keunggulan tuan rumah 10 menit kemudian dengan tembakan melengkung ke dalam pojok jauh sebelum Matteo Gabbia mencetak satu gol balasan bagi Milan lima menit jelang akhir pertandingan, usai mendapat umpan silang dari depan dari Rafael Leao.

Baca juga: Kalah dari Munchen, Pemain Arsenal Patah Hati dan Kecewa

Roma yang finis sebagai runner-up musim lalu setelah kalah dalam adu penalti dari Sevilla di final, kembali melaju ke semifinal Liga Eropa untuk keempat kalinya secara berturut.

I Lupi memulai pertandingan dengan percaya diri dan kapten Lorenzo Pellegrini melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang membentur tiang gawang sebelum Mancini mencetak gol pembuka dari rebound.

Ruben Loftus-Cheek Milan hampir menyamakan kedudukan saat ia mengenai mistar beberapa menit kemudian tetapi mimpi buruk tim tamu menjadi kenyataan ketika Dybala membuatnya 2-0 tidak lama setelah itu.

Romelu Lukaku berlari untuk merebut bola di sisi kanan lapangan sebelum umpannya menuju depan gawang dibersihkan pertahanan Milan namun berakhir di kaki Dybala yang menyia-nyiakan kesempatan mencetak gol.

Namun, Roma kehilangan Lukaku karena cedera pada menit ke-28 sebelum mereka tersisa dengan 10 pemain pada menit ke-31, setelah bek Zeki Celik diusir wasit karena melakukan pelanggaran terhadap Leao.

Hal ini mengakibatkan kedua pelatih melakukan perubahan taktik sebelum jeda. Stefano Pioli memasukkan penyerang Luka Jovic menggantikan gelandang Ismael Bennacer untuk Milan dan Daniele De Rossi menarik Dybala untuk memperkuat pertahanan Roma dengan Diego Llorente.

Milan memiliki lebih banyak penguasaan bola setelah jeda dan serangan mereka meningkat tetapi Leonardo Spinazzola bisa membuatnya 3-0 untuk Roma setelah melakukan lari solo, sebelum usahanya dihalau kiper Mike Maignan.

Baca juga: Piala Asia U-23 2024, Gol Tunggal Komang Teguh Bawa Indonesia Ungguli Australia

Jovic kemudian melepaskan tembakan rendah dari sekitar titik penalti tetapi ditolak oleh kiper Roma Mile Svilar.

Gol terlambat Gabbia hanya sedikit membangkitkan harapan bagi tim Pioli, yang sekarang tak meraih kemenangan dalam tiga pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Bagi Roma ini merupakan kemenangan ketiga mereka dalam 15 pertandingan terakhir melawan Milan, dua lainnya adalah kemenangan kandang Serie A 2-1 pada Oktober 2019 dan kemenangan pekan lalu dalam leg pertama.

Dengan hasil ini, Roma akan menghadapi juara Bundesliga Bayer 04 Leverkusen yang bermain imbang 1-1 dengan West Ham United. Leg pertama semifinal akan dimainkan pada 2 Mei, sedangkan leg kedua sepekan kemudian. Final akan digelar di Stadion Aviva Dublin pada 22 Mei mendatang. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles