24.8 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Piala Asia U-23 2024, Indonesia Kalah 0-2 dari Qatar Plus 2 Kartu Merah

Doha, MISTAR.ID

Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan tuan rumah Qatar pada pertandingan grup A Piala Asia U-23 2024. Qatar unggul 2-0 berkat gol-gol dari Khaled Ali dan Ahmed Al Rawi.

Indonesia juga harus bertandingan dengan 9 pemain setelah Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta mendapat kartu merah.

Pada pertandingan di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (15/4/24) malam WIB itu, Qatar langsung mengancam di menit ke-3 ketika Saif Eldeen Hassan nyaris mencetak gol lewat umpan silang Mostafa Meshaal. Sundulannya berhasil diantisipasi kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi.

Baca juga: Bayer Leverkusen Segel Gelar Juara Bundesliga 2023-24, Incar Treble?

Tuan rumah kembali mendapat peluang pada menit ke-17. Mahdi Salem mendapat ruang di tepi kotak penalti Indonesia, namun bola sepakannya masih bisa diamankan Ernando.

Ahmed Al Rawi juga memperoleh kans di menit ke-29, tetapi tembakannya setelah menerima umpan dari Jassem Baber masih melebar gawang.

Indonesia mencoba memberikan perlawanan. Tendangan Pratama Arhan ke dalam kotak penalti Qatar disambut Muhammad Ferarri, namun sundulannya masih bisa diantisipasi kiper Qatar, Youssef Abdullah.

Tim Garuda kembali mendapat peluang pada menit ke-39, ketika Rafael Struick berhasil melepaskan tembakan usai melakukan terobosan ke dalam kotak. Tapi sayang, bola membentur tiang gawang dan keluar lapangan.

Qatar mendapat penalti pada waktu tambahan babak pertama, setelah VAR memutuskan Rizky Ridho melakukan pelanggaran terhadap Mahdi Salem di kotak terlarang. Khaled Ali dengan mudah mengecoh Ernando. Skor 1-0 untuk Qatar menutup babak pertama.

Di babak kedua, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain setelah Ivar Jenner mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-46. Dia menerima kartu kuning pertama pada menit ke-14.

Qatar berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemainnya untuk mencetak gol kedua pada menit ke-54 melalui tendangan bebas Al Rawi.

Meski tertinggal 0-2, Indonesia tetap memberikan perlawanan. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On di menit ke-60 dan tembakan Marselino Ferdinan di menit ke-63 bisa diantisipasi kiper Youssef.

Baca juga: Diganjal Villa di Premier League, Arteta Minta Arsenal Bangkit di Liga Champions

Nathan mendapat peluang lagi di menit ke-69, namun tembakannya melebar dari sasaran. Sementara itu, Qatar juga tidak mengendorkan tekanannya.

Tameem Mansour mendapat peluang di menit ke-84, tetapi tembakannya bisa diamankan Ernando.

Indonesia kehilangan satu pemain lagi di injury time babak kedua setelah Ramadhan Sananta diusir wasit lantaran melakukan pelanggaran keras terhadap Mohammed Aiash dari belakang. Skor 2-0 untuk Qatar bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil ini menempatkan Qatar sebagai pemuncak klasemen sementara Grup A dengan 3 poin, diikuti Australia dan Yordania yang masing-masing 1 poin. Indonesia berada di posisi juru kunci tanpa perolehan poin.

Related Articles

Latest Articles