10.3 C
New York
Thursday, April 18, 2024

Pecundangi Vietnam 3-0 di Hanoi, Indonesia Patahkan Rekor 20 Tahun

Hanoi, MISTAR.ID

Timnas Indonesia berhasil mematahkan rekor tanpa kemenangan selama 20 tahun usai mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 pada pertandingan ke-4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/24) malam.

Tiga gol Skuad Garuda dicetak Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen di menit ke-23, dan Ramadhan Sananta di menit ke-90+8.

Dalam pertandingan ini, Shin Tae-yong memasukkan Ragnar Oratmangoen dan Tom Haye, dua pemain naturalisasi yang juga menjalani debut.

Tim Garuda berhasil unggul cepat melalui gol sundulan Jay Idzes pada menit ke-9. Mendapatkan umpan sepak pojok dari Tom Haye, pemain dari Venezia ini berhasil menyundul bola tanpa bisa dihadang kiper Filip Nguyen.

Baca juga: PSSI Beberkan Penyebab Beberapa Pemain Absen Lawan Vietnam

Vietnam mencoba merespons dengan cepat. Namun, sundulan striker Nguyen Tien Linh masih bisa diamankan Ernando Ari.

Indonesia berhasil memperbesar keunggulan berkat gol Ragnar Oratmangoen pada menit ke-23. Skor 2-0 untuk tim Garuda bertahan hingga wasit Alireza Faghaniturun, asal Iran, meniup peluit tanda jeda.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong mengganti dua pemain sekaligus. Egy Maulana Vikri menggantikan Hokky Caraka, sementara Yacob Sayuri menggantikan posisi Asnawi Mangkualam sebagai bek kanan.

Garuda mendapat peluang pada menit ke-53. Namun, umpan dari Nathan tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Egy Maulana Vikri di depan gawang Filip Nguyen.

Vietnam mencoba merespons melalui aksi Viet Anh pada menit ke-63. Namun, sepakan dari kotak penalti masih melambung tinggi di atas mistar gawang Ernando Ari.

Ragnar dengan serangan balik cepat kembali mengancam gawang Vietnam pada menit ke-65. Namun, hanya menghasilkan sepak pojok.

Pemain yang baru masuk, Ho Tan Tai, mendapat kesempatan pada menit ke-82. Namun, sepakan kerasnya masih melebar dari sasaran. Skor masih tetap 0-2.

Perubahan yang dilakukan Shin Tae-yong dengan memasukkan Ramadhan Sananta berbuah manis. Pada waktu tambahan waktu, Sananta berhasil mencetak gol ketiga untuk Indonesia dari situasi kemelut hasil sepak pojok. Skor akhir 0-3 untuk Indonesia.

Dengan raihan tiga poin ini, Timnas Indonesia kokoh berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan total 7 poin dari 4 laga, yang terdiri dari dua kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Sementara itu, Vietnam tetap berada di posisi ketiga dengan 3 poin dari 4 laga.

Baca juga: Keluar Penjara, Dani Alves Dibelenggu Sejumlah Syarat

Sementara itu, Timnas Irak menduduki posisi pertama setelah beberapa jam sebelumnya berhasil menang 0-5 atas tuan rumah Filipina. Irak saat ini telah mengumpulkan 12 poin, hasil sempurna dari empat kemenangan dalam empat laga.

Kemenangan tiga kali beruntun Timnas Indonesia atas Vietnam menandai catatan impresif.

Sebelumnya, pada pertandingan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 21 Maret 2024 lalu, Indonesia juga berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0.

Selain itu, kemenangan atas Vietnam juga terjadi dalam putaran final Piala Asia 2023 di Qatar pada Januari 2024 lalu.

Hasil ini akan meningkatkan kepercayaan diri Timnas Indonesia, mengingat selama beberapa tahun terakhir, Vietnam selalu menjadi lawan sulit bagi skuad Garuda. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles