19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Waspadai Hujan Penyebab Longsor di Wilayah Pegunungan

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan sedang di wilayah pegunungan yang dapat berpotensi terjadi longsor, Sabtu (28/8/21).

Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto, melalui Prakirawannya Endah Paramita mengatakan, siang nanti hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi Dairi, Samosir, Tapteng, Taput, Nias, dan sekitarnya.

“Sementara sore hingga malam hari hujan ringan hingga sedang diprediksi akan terjadi di Tanah Karo, Dairi dan sekitarnya. Kalau dini hari nanti cuaca Sumatera Utara pada umumnya akan berawan,” sebutnya.

Baca juga: BMKG Prediksi 13 Daerah di Sumut Termasuk Siantar Dilanda Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang

Endah menjelaskan, suhu udara Sumatera Utara hari ini berada pada kisaran 24,0-33,0⁰C. Kelembaban udara 60-97%, sementara angin yang bertiup dari arah Tenggara ke Barat berkekuatan 10-30 Km/jam.

Endah menyebutkan, hari ini BMKG mendeteksi tiga titik panas (hotspot) di Sumut. Tiga hotspot itu masing-masing satu titik berada di Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). “Kemudian satu titik di Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Paluta, serta satu titik di Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapteng,” pungkasnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles