19 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Warga Desa Lumban Gaol Ikuti Konsultasi Publik AMDAL Dukung Infrastruktur Wisata 

Toba, MISTAR.ID

Komitmen dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur kepariwisataan di setiap daerah, dibutuhkan peran serta berbagai pihak, khususnya masyarakat yang bersentuhan langsung dengan objek yang akan dikembangkan.

Hal itu, terlihat dari antusias warga Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige saat mengikuti acara Konsultasi Publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) terkait adanya kehadiran investasi rencana pembangunan Hotel Berbintang 5 di desa tersebut. Konsultasi Publik Amdal berlangsung di Balai Desa Lumban Gaol, Selasa (19/7/22).

Camat Balige Pantun Joshua Pardede, usai membuka resmi “Konsultasi Publik” sangat mengapresiasi antusias dan sambutan warga setempat. Hadirnya investasi pembangunan infrasruktur perhotelan ini, akan mendukung percepatan pembangunan kepariwisataan di Toba.

Baca juga:Okupansi Hotel Selama Festival Bunga dan Buah 2022 di Karo Capai 100%

“Investasi ini, merupakan sejarah baru bagi masyarakat Toba dan masyarakat setempat. Pemkab Toba berharap kehadiran pembangunan ini diyakini membawa dampak positif yang besar di tengah masyarakat sekitar, utamanya dalam hal peningkatan perekonomian dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Camat.

Joshua Pardede mengatakan sangat dibutuhkan peran serta dari berbagai pihak, secara khusus dari elemen masyarakat setempat. Melalui konsultasi publik AMDAL ini, nantinya akan tercipta sebuah keselarasan antara pihak investor dengan masyarakat, untuk bersama-sama mencari solusi atas pemikiran dan aspirasi dari masyarakat dalam menyeimbangkan dampak positif dan negatif yang timbul akibat rencana investasi ini

Pemerintah Desa Lumban Gaol, pada dasarnya sangat mendukung rencana hadirnya setiap investasi.

“Kami merasa ini sebuah berkat bagi kita semua, mari kita bersama-sama memberikan andil pemikiran hingga dapat duduk bersama, secara khusus menyikapi potensi dampak yang timbul oleh investasi ini. Sebab, disamping dampak positif, kita juga dihadapkan untuk mensiasati penyelesaian timbulnya potensi dampak negatifnya,” sahut Kepala Desa Lumban Gaol Edward Tambunan, seraya mengimbau dukungan warganya dalam menyambut investasi ini.

Sebelumnya, Polin Sitorus selaku pihak investor, berterimakasih atas antusias dan kehadiran warga pada konsultasi publik. Pihak investor akan tetap berupaya duduk bersama dengan masyarakat dalam setiap upaya peningkatan usaha dalam hal ini usaha kepariwisataan.

Terkait rencana investasi ini, pihaknya juga akan selalu memenuhi segala ketentuan-ketentuan yang berlaku sesuai peraturan pemerintah.

Baca juga:Menparekraf Sandiaga Uno, Hadirkan Hotel Kapsul di The Kaldera Toba  

Binsar Tambunan, warga setempat mendukung rencana investasi. Dia berharap, pihak investor dapat memberdayakan potensi yang ada pada masyarakat sekitar. Misalnya perekrutan SDM ketenagakerjaan bagi penduduk lokal. Dan pengembangan usaha-usaha lainnya ujarnya.

Di sini telah tersedia sejumlah homestay milik warga. Dengan Kehadiran investasi ini, Binsar berharap dapat membawa imbas yang positif dalam pengembangan homestay dan usaha-usaha UMKM lainnya yang sudah ada di desa ini.

Konsultasi publik AMDAL ini, dirangkai dengan diskusi publik antara masyarakat, unsur Muspika Kecamatan Balige, instansi terkait lainnya dan pihak investor. Turut hadir Camat Balige Pantun Joshua Pardede, Kapolsek Balige AKP Agus Salim Siagian, Sertu Roy Harto Pasaribu dan Serma Y. Tanjung Ramil 17 Balige, Kadis Lingkungan Hidup Rajaipan Sinurat, pihak investor, Jajaran Pemerintah Desa Lumban Gaol, BPD, tokoh masyarakat adat dan warga setempat.(james/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles