14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

UPDATE SUMUT: Bertambah 49 Kasus, Positif Corona di Sumut Tembus 537 Orang

Medan, MISTAR.ID

Sudah 3 hari belakangan ini angka positif Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) terus melonjak. Update terbaru pada Jumat (5/6/20), pasien positif Covid-19 sudah mencapai 537 orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 488 orang.

Artinya, terjadi penambahan yang signifikan yaitu 49 orang. Penambahan ini merupakan yang tertinggi.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, kasus positif yang terus meningkat ini salah satu faktornya karena masyarakat masih belum disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Angka positif metode PCR hingga 5 Juni berjumlah 537 orang, terus terjadi peningkatan yang signifikan,” katanya.

Baca Juga:Selama Pandemi Hanya 17 Kunjungan Pariwisata di Sumut

Oleh sebab itu, dia mengimbau agar masyarakat bersungguh-sungguh memperkuat kedisiplinan yang dimulai dari lingkungan keluarga. Jika setiap keluarga konsisten saling mengingatkan dan menjaga anggota keluarganya untuk patuh terhadap protokol kesehatan, maka upaya menurunkan jumlah pasien positif dan memutus rantai penyebaran Covid-19 pasti bisa dilakukan.

“Partisipasi masyarakat sangat besar dalam memutus penyebaran virus corona. Dengan kebersamaan, gotong royong, saling bertoleransi dengan semangat untuk saling melindungi menjadi kunci sukses. Jadikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak sosial dan fisik, rajin cuci tangan pakai sabun serta lainnya harus benar-benar kita terapkan sehari-hari,” pesannya.

Dikatakan Aris, penambahan angka juga terjadi pada orang yang meninggal dunia karena Covid-19 sebanyak 3 orang dari 44 pada hari sebelumnya menjadi 47 orang. Kemudian, pasien sembuh dari Covid-19 juga meningkat sebanyak 5 orang dari 166 menjadi 171 orang.

“Untuk jumlah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) menurun drastis sebanyak 20 orang, dar 146 menjadi 126 orang. Sedangkan ODP berjumlah 555 orang,” pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, jumlah kasus positif Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) masih terus bertambah. Kini tercatat ada  488 pasien positif baru yang dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (4/6/2020) artinya ada penambahan sebanyak 44 orang. Sebab, sehari sebelumnya masih diangka 444 orang dan juga merupakan pertambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 26 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr. Whiko Irwan mengatakan, penambahan kasus positif tersebar di beberapa daerah.

“Yakni tersebar di Medan, Deli Serdang, Simalungun, Asahan, Karo dan Sergai,” ujar Whiko Irwan lewat pesan whatsappnya Kamis (4/6/20).

Sedangkan untuk yang meninggal dunia kata Whiko juga mengalami penambahan satu orang, dari 43 orang di hari kemarin, menjadi 44 orang.

“Syukurnya untuk pasien yang sembuh juga mengalami peningkatan, dari 159 orang menjadi 166 orang,” kata Whiko.

Sementara untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) per hari ini tercatat sebanyak 146 orang. Jumlah ini menurut Whiko mengalami penurunan 6 orang dari hari sebelumnya.Tetapi untuk ODP mengalami peningkatan sebanyak 28 orang, atau dari 534 orang menjadi 562 orang. (anita/hm01)

Related Articles

Latest Articles