10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Upacara Harlah Pancasila 2023, Pegawai Rutan Kabanjahe Pakai Pakaian Adat Karo

Karo, Mistar.Id

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Kabupaten Karo melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, Kamis (1/6/23).

Dalam upacara itu, para pejabat struktural dan seluruh jajaran pegawai Rutan mengenakan pakaian adat Karo.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan), Chandra Syahputra Tarigan menyampaikan amanat tertulis dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dikatakan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Baca juga: Tim Monitoring P2HAM Sumut Tinjau Rutan Kabanjahe

“Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama dan menghormati,” paparnya.

Lanjut Karutan, berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah, dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Chandra melanjutkan amanat Presiden mengatakan, para pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil mengidentifikasi kepribadian bangsa Indonesia, yang kemudian dirumuskan dalam suatu pandangan hidup yaitu Pancasila.

Baca juga: Karutan Kabanjahe Minta Seluruh Elemen Masyarakat Pertahankan Semangat

“Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter, agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” kata Karutan dalam rangkaian upacara dengan tema ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’ ini. (eva/rel/hm16)

Related Articles

Latest Articles