14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Bupati dan Wabup Sergai Hadiri Acara Tampung Tawar Calhaj 2023

Sergai, MISTAR.ID

Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Darma Wijaya dan Wakil Bupati, Adlin Tambunan menghadiri acara tampung tawar  calon jamaah haji (calhaj) tahun 1444 Hijriyah/2023, yang digelar di halaman Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Rabu (31/5/23).

Darma Wijaya menyampaikan, jika dirinya berada di tempat ini, bersama calon tamu Allah, yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah guna menunaikan kewajiban rukun Islam kelima bagi umat yang mampu untuk menunaikan ibadah haji.

“Berkat niat yang tulus dan ikhlas serta kesabaran bapak dan ibu semua, mungkin ada di antara kita semua ini, sudah bertahun tahun lamanya menunggu. Alhamdulillah, pada musim haji tahun ini, para Calhaj Kabupaten Sergai Insya Allah akan bersama-sama jutaan umat Islam lainnya dari seluruh penjuru dunia memenuhi panggilan Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam kelima. Menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah Al Mukarromah dan Madinah Al Munawwaroh,” ungkapnya.

Baca juga: Pemko Siantar Melepas 157 Calhaj dengan Tradisi Tepung Tawar

Menurutnya, pada tahun ini tidak semua orang meskipun memiliki niat yang sama, dapat memenuhinya. Darma berharap, niat yang tulus dan ikhlas itu benar-benar ditunaikan semata-mata untuk beribadah, memenuhi panggilan Allah SWT dan semata-mata untuk mengharap ridha Allah SWT, bukan tujuan lain, apalagi tujuan bersifat tercela seperti riya.

Sementara Wabup juga menitipkan pesan agar para Calhaj Sergai menjaga diri selama di sana, terutama kesehatan.

“Kalau ada merasa kelelahan sampaikan, jangan malu untuk menyampaikan agar cepat dilakukan pengobatan. Kami berharap, semua bapak dan ibu bisa kompak di sana. Saling menjaga, saling membantu kalau ada kesulitan. Harapannya ke 252 orang jamaah dalam kadaan sehat perginya dan kembali pula dengan kondisi sehat,” ujar Adlin.

Baca juga: Bupati Tepung Tawari 750 Jemaah Calon Haji Deli Serdang, Kloter 2 Berangkat 24 Mei 2023

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Sergai, Zulkifli Sitorus menjelaskan, jumlah calhaj asal daerah itu sebanyak 253 orang. Namun salah seorang jamaah meninggal dunia, sehingga berkurang menjadi 252 orang.

“Calhaj Sergai tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 17 bersama jamaah dari Kabupaten Padang Lawas (Calhaj). Dalam perjalanan, kami sudah menyiapkan 8 orang petugas terdiri dari 5 petugas kloter dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 3 orang. Ada pun jamaah paling muda berusia 23 tahun atas nama Riza Umami Purba. Dan yang paling tua atas nama Adlan Ahmad berumur 95 tahun,” jelasnya.

Zulkifli menambahkan, seluruh tahapan kesehatan dan paspor telah mendapat dukungan penuh dari Pemkab Sergai. Ini termasuk acara tampung tawar yang juga dibuat Pemkab Sergai sebagai bentuk dukungan. (boby/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles