34.5 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Ratusan Napi Rutan Kabanjahe Terima Remisi Idul Fitri, Dua Langsung Bebas

Karo, MISTAR.ID

Hujan menjadi berkat di momen Idul Fitri,  Rutan Kelas IIB Kabanjahe melaksanakan upacara Pemberian Remisi Hari Raya Idul Fitri 1445 H setelah pelaksanaan shalat Idul Fitri di Lapangan Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Rabu (10/04/2024).

Sebanyak 392 warga binaan atau narapidana beragama islam di Rutan Kelas IIB Kabanjahe Kanwil Kemenkumham Sumut tersebut mendapatkan remisi hari raya Idul Fitri 2024. Dua diantaranya dinyatakan langsung bebas.

“Dua orang penerima remisi langsung bebas, untuk jumlah warga binaan di Rutan Kabanjahe berjumlah 793 orang, ada total sebanyak 392 orang yang mendapatkan remisi khusus Idul Fitri,” ucap Chandra Syahputra Tarigan, selaku Karutan Kabanjahe.

Karutan Kabanjahe pun berharap, remisi yang diberikan ini dapat memotivasi para napi untuk terus melakukan perbaikan diri dan menjauhi perbuatan yang melanggar hukum. Pemberian remisi ini juga dimaksudkan untuk mempercepat proses reintegrasi sosial.

Baca juga: Remisi Idul Fitri, 3 dari 622 Napi di Lapas Tanjungbalai Bebas

“Saya ucapkan selamat kepada warga binaan yang mendapatkan remisi, khususnya yang bebas. Diingatkan untuk menjadi insan yang taat hukum, berakhlak mulia dan berbudi luhur serta insan yang berguna bagi pembangunan bangsa,” ujarnya.

Sementara Jonson, selaku Kepala Subsi Pelayanan Tahanan menyampaikan, mereka yang mendapatkan usulan remisi ini telah memenuhi syarat yang ditentukan. Yakni berkelakuan baik serta mengikuti kegiatan pembinaan di Rutan Kabanjahe.

“Pemberian remisi ini diharapkan menjadi stimulus bagi warga binaan untuk berkelakuan baik, dan berperan aktif dalam program pembinaan yang diselenggarakan oleh Rutan Kabanjahe,” ujarnya.

Menurut Jonson pemberian remisi merupakan wujud nyata dari sikap negara sebagai reward kepada Warga binaan yang senantiasa selalu berusaha berbuat baik, memperbaiki diri dan kembali menjadi anggota masyarakat yang berguna. (eva/hm17)

Related Articles

Latest Articles