14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Terkait Ponpes di Sampali, Ulama Himbau Warga Jangan Terpancing Provokasi Berita Hoax

Medan, MISTAR.ID

Salah seorang ulama Sumatera Utara (Sumut), Prof DR Amiruddin MS menghimbau warga untuk tidak mudah terpancing provokasi dari berita-berita yang tidak benar apalagi menjurus fitnah.

Semua pihak harus bisa berfikir secara jernih dan penuh kedewasaan, apalagi menyangkut isu-isu Sara dan sejenisnya. “Kondusifitas yang selama ini terjaga di Sumatera Utara, harus terus kita rawat. Sehingga bisa menjadi perekat yang kuat bagi seluruh elemen masyarakat,” ujar Buya Amiruddin MS saat menghadiri pertemuan dengan tokoh-tokoh ulama dan pihak Kepolisian serta PTPN2 di Mapolrestabes Medan, Rabu (7/6/23) malam.

Pertemuan tersebut secara khusus membicarakan Pesantren Tahfiz Darul Ibtihaj yang sempat diisukan akan dibongkar oleh PTPN 2. Buya Amiruddin MS didampingi Ustad Zulfikar Hajar dan Ustad Amhar Nasution memuji sikap Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Simanjuntak yang begitu cepat merespon isu yang sempat beredar dan memprakarsai pertemuan yang dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Jawari.

“Alhamdulillah, pertemuan itu bisa berlangsung sangat cair dan bisa melahirkan kesepakatan yang positif bagi semua pemangku kepentingan,” bilang Buya.

Ditambahkan Buya Amiruddin, bahwa ulama juga menghargai sikap PTPN 2 dan Pondok Pesantren Tahfiz yang bisa mencapai kesepakatan untuk melahirkan solusi terbaik.

Baca juga : PTPN II Bantah Pondok Tahfiz Darul Ibtihaj Ikut Dibongkar

“Kita berharap dalam tindak lanjutnya nanti bisa melahirkan sesuatu yang patut dihargai semua pihak,” tambahnya.

Karena itu ulama kharismatik Sumatera Utara ini menghimbau agar masyarakat tidak hanya harus bijak menyikapi berita-berita yang tersebar melalui media sosial, tapi juga tidak mudah menyebarkannya ke pihak-pihak lain agar tidak menjadi bahan provokasi dan bisa dijadikan bahan untuk tujuan-tujuan negatif.

Kasubag Humas PTPN 2, Rahmat Kurniawan mengatakan untuk saat ini tidak ada pembongkaran bangunan Pondok Pesantren Tahfiz Darul Ibtihaj seperti yang sempat disebar pihak yang kurang bertanggung jawab melalui media sosial.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informasi (Kominfo) Provinsi Sumut, Ilyas Sitorus menghimbau para pengurus dan santri Pondok Pesantren Tahfidz Quran Darul Ibtihaj yang berdiri di ujung Jalan Kemuning Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang  tetap tenang dan tidak perlu risau.

“Kita berharap para santri Tahfidz Al Quran tersebut jangan terprovokasi atau termakan isu yang tidak benar. Sebab tidak ada pembongkaran terhadap Pondok Tahfidz ini dalam kaitan penertiban areal HGU Nomor 152 Kebun Sampali PTPN II,” ujar Ilyas, Rabu (7/6/23) malam.

Ilyas Sitorus mengajak para santri tetap tenang di Ponpes dan jangan terpancing melakukan reaksi yang bukan pada tempatnya. “Sehingga bisa dimanfaatkan pihak-pihak yang ingin mengambil kepentingan tertentu dengan memanfaatkan para santri,” tandasnya.(sembiring/ril/hm18)

Related Articles

Latest Articles