17.7 C
New York
Friday, May 17, 2024

Pj Sekdako Tebing Tinggi Minta Para Remaja Miliki Rencana Masa Depan

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tebing Tinggi H Kamlan Mursyid SH MM meminta para remaja di kota ini sudah memiliki rencana masa depan masing-masing.

Kamlan dalam arahannya saat membuka acara Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Tebing Tinggi tahun 2024, di Balai Kartini Baru, Jalan Gunung Leuser, Senin (29/4/24) mengatakan, masa remaja adalah masa terjadinya pertumbuhan dan perkembangan secara pesat, baik fisik, psikologis maupun intelektual.

Remaja juga memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar terhadap segala hal, dan cenderung memiliki keberanian untuk mencoba hal yang berupa petualangan dan tantangan yang memiliki risiko kecil maupun besar tanpa adanya pertimbangan matang.

Baca juga: UPT Samsat Tebing Tinggi Bebas Pungli, Kasat Lantas Imbau Masyarakat Tak Pakai Jasa Calo

“Tetapi hal tersebutlah yang akan menjadi boomerang terhadap mereka, karena mereka akan mementingkan ego sendiri agar mereka puas dengan hal yang mereka lakukan pada masa itu. Seorang remaja haruslah memiliki rencana terhadap kehidupannya sendiri, baik rencana akan masa depan, pertemanan, dan pernikahan,” katanya.

Kamlan menambahkan, jika seorang remaja telah memiliki rencana masa depan, maka dia akan senantiasa hidup di lingkungan yang baik dan mustahil untuk terjerumus pada perbuatan tidak benar.

“Remaja masa sekarang lebih mementingkan kepuasan sendiri tanpa memikirkan apa yang akan terjadi di masa depannya. Adanya duta genre atau duta generasi berencana ini adalah untuk menginformasikan tentang pentingnya remaja yang memiliki rencana terhadap masa depannya,” tambahnya.

Dengan ada pemilihan Duta Genre Kota Tebing Tinggi, Kamlan berharap, para remaja, khususnya di Kota Tebing Tinggi dapat menjadi contoh ataupun penyalur informasi mengenai permasalahan remaja.

Baca juga: Lions Club Royal dan Polres Tebing Tinggi Adakan Operasi Katarak Gratis

“Sesuai dengan arti salam genre yaitu, tidak menikah muda, tidak melakukan seks pranikah, dan menjauhi narkotika, psikotropika, dan obat terlarang,” tandasnya.

Kepada remaja yang nantinya terpilih sebagai duta genre, Kamlan menekankan, mereka harus tampil sebagai generasi tangguh dalam menghadapi kemajuan zaman, bisa memahami dan mempratikkan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

“Bersama Duta Genre Kota Tebing Tinggi mari kita wujudkan generasi berencana yang sehat, cerdas, ceria dan bebas dari stunting, serta dapat menjadi instrumen yang efektif dalam menciptakan generasi muda yang tangguh dan berdaya saing tinggi,” pungkasnya.(Nazli/hm22)

Related Articles

Latest Articles