22 C
New York
Friday, May 31, 2024

Keseriusan Program Kerja, DPPKBP3A Gelar Pemilihan Duta GenRe Taput 2023

Taput, MISTAR.ID

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Donna Situmeang terus serius untuk melakukan program kerja pihaknya sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) yang sudah diembankan padanya.

Hal itu dia sampaikan Donna, pada Senin (28/11/23) ketika ditemui di kantornya.

Baca juga:Duta GenRe Medan Ikuti Lomba Tingkat Nasional

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan berupa pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Taput Tahun 2023 beberapa waktu lalu di Sopo Partukkoan, Kecamatan Tarutung dihadiri para Camat, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacab Disdik) Wilayah IX dan Wakil Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 2 Tarutung.

“Pemilihan Duta GenRe ini merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan di usia,” sebut Donna.

Dia berharap, semoga melalui Duta Genre itu dapat diberikan pemahaman kehidupan dengan menerapkan 5 transisi kehidupan remaja, di antaranya menerapkan pola hidup sehat, melanjutkan pendidikan, bekerja, membangun keluarga dan berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

Baca juga:Warga Medan Denai Terpilih jadi Duta Utama Putra Genre

“GenRe adalah sebuah program yang dikembangkan Badan Kependudukan dan keluarga berencana nasional (BKKBN), dengan kelompok sasaran  yaitu remaja berusia 14 -22 tahun, tapi belum menikah. Juga mahasiswa-mahasiswi belum menikah, dimana akan berdampak dalam upaya menekan angka pernikahan usia dini, pra nikah, serta narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya (napza),” ucap Donna.

Duta GenRe diharapkan dapat bertujuan menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi para remaja dalam hal jenjang pendidikan yang terencana. Berkarir dalam pekerjaan yang terencana, menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi dan mengembangkan karakter bangsa. Termasuk mengajarkan menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan napza, yang nantinya bisa menjadi remaja tangguh serta dapat berkontribusi dalam pembangunan kedepannya.

Adapun peserta dengan usia 14-19 tahun berjumlah 30 orang. Itu terdiri dari Tarutung 2 orang, Siatas Barita 2 orang, Sipoholon  2 orang, Siborongborong 2 orang, Adiankoting 2 orang, Pagaran 2 orang, Parmonangan 2 orang, Muara 2 orang, Pahae Julu 2 orang, Pahae Jae 2 orang, Purbatua 2 orang, Simangumban 2 orang, Sipahutar 2 orang dan Pangaribuan 4 orang.

Baca juga:Pemko Medan Apresiasi Pemilihan Duta Generasi Berencana

Pemenang yang terpilih dari kategori putra, juara I, Gerald CA Lumbantobing (Sipoholon) dengan nilai 178, juara II, Andika Pratama Simorangkir ( Tarutung) nilai 176 dan juara III, Raihan Auliya Siregar (Simangumban) nilai 175. Untuk juara favorit, Ranto Arif G Silaban (Parmonangan) nilai 168.

Kategori putri juara I, Chelsea Frederika Matondang (Tarutung) dengan nilai 180, juara II, Aulia Panggabean (Simangumban) nilai 176 dan juara III, Nadia Gultom (Pahae Jae) nilai 169. Sementara juara favorit, Valencia Sianturi (Muara) nilai 163.

“Kiranya kita berharap untuk tahun-tahun kedepannya, kegiatan yang positif dan bisa bermanfaat bagi kalangan remaja di Kabupaten Taput ini bisa menjadi contoh baik dan berkembang. Juga dapat diuraikan tujuannya kepada remaja-remaja di lingkungannya masing-masing,” tutup Donna. (rel/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles