21.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Ekonomi Sumut Diperkirakan Tetap Kuat Meski Ketidakpastian Global

Medan, MISTAR.ID

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan tetap kuat di tengah meningkatnya ketidakpastian global. Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global 2024 mencapai 3,1 persen.

Pertumbuhan ekonomi terutama ditopang kinerja ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lebih kuat dari perkiraan sejalan dengan konsumsi yang tinggi.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I-2024 dan II-2024 diperkirakan akan lebih tinggi dari triwulan IV-2023. Hal ini didorong oleh permintaan domestik yang tetap kuat dari konsumsi rumah tangga sejalan dengan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah serta investasi bangunan yang lebih tinggi dari prakiraan ditopang oleh berlanjutnya proyek strategis nasional di sejumlah daerah.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Sumut Meningkat, PDRB Sumut Capai Angka Fantastis

“Sementara itu, ekonomi Sumatera Utara (Sumut) diperkirakan tetap kuat pada triwulan I-2024. Hal ini didorong oleh meningkatnya konsumsi masyarakat Sumut, indeks penjualan riil, kinerja konstruksi seiring dengan pemulihan penyaluran kredit ke sektor konstruksi, dan permintaan ekspor dan domestik,” kata Kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, IGP Wira Kusuma pada wartawan, Selasa (30/4/24).

Dari sisi pergerakan harga pada Maret 2024, dijabarkan Wira, inflasi nasional meningkat, namun terjaga dalam kisaran sasaran. Inflasi IHK Maret 2024 tercatat sebesar 3,05% (yoy) meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 2,75% (yoy) namun masih berada dalam kisaran sasaran 2,5±1%.

Pada inflasi tahunan Sumatera Utara juga berada dalam rentang sasaran. Tercatat Maret 2024 Sumatera Utara mengalami inflasi bulanan (mtm) 0,72%, meningkat jika dibandingkan bulan lalu sebesar 0,41%.

Related Articles

Latest Articles