12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Sumut Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Badai Guntur di Pegunungan

Medan, MISTAR.ID

Sumatera Utara masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang-lebat hari ini, Kamis (8/4/21). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) I menyebut, hujan berpeluang terjadi di Lereng Barat, Pegunungan, Lereng Timur Sumatera Utara dan sekitarnya.

“Untuk pagi dan dini hari cenderung berawan,” kata Plt Kepala BBMKG Wilayah I Medan Eridawati. Dia menjelaskan, potensi hujan ringan diprediksi akan terjadi pada siang hari. Sebarannya untuk wilayah lereng barat, pegunungan, lereng timur Sumatera Utara dan sekitarnya.

“Kemudian sore hingga malam hari Sumut berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang-lebat. Waspadai juga potensi terjadinya badai guntur di wilayah pegunungan, lereng timur dan lereng barat Sumatera Utara,” kata dia.

Baca juga: Cuaca Ekstrim, PLN Pulihkan Listrik di Samosir

Sumatera Utara, kata Eridawati, pada hari ini suhu udara berada pada 24⁰c – 33⁰c dengan kelembaban udara 60 sampai 98%. Sementara angin yang berhembus dari wilayah barat daya ke timur laut berkekuatan 5 hingga 30 km/jam.

Dikatakan Eridawati, gelombang laut diperkirakan juga akan terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, Samudera Hindia barat Nias, perairan barat Aceh, perairan Meulaboh-Sinabang, perairan Nias-Sibolga dalam kategori sedang 1,25 – 2,5 meter. “Satu titik panas (hotspot) juga terpantau satu titik pagi tadi,” ungkapnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles